Program TNI-AD Manunggal Air, Jawab Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Perbatasan PNG

Personil TNI AD berjibaku melakukan perbaikan pipanisasi Bendungan Hloncing di Skouw Wutung/Pendam 17

JAYAPURA, wartaplus.com - Salah satu program KASAD  Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman yaitu TNI-AD Manunggal Air dilaksanakan oleh Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc bersama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han di perbatasan RI - PNG.

Program yang dilakukan yaitu perbaikan dan normalisasi serta pipanisasi Bendungan Hloncing yang berada di daerah perbatasan RI - PNG tepatnya di kampung Skouw-Wutung, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (22/7/2023).
Bendungan ini merupakan sumber utama air bersih bagi seluruh masyarakat setempat.



Kapaldam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Reki Feriyanto mengatakan, Program TNI Manunggal Air dicanangkan KASAD Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman, merupakan upaya dalam mengatasi masalah kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Ia menjelaskan, dalam program ini telah dikerahkan puluhan personil terdiri dari personil Paldam Cenderawasih dibantu Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS bersama masyarakat setempat, memperbaiki bendungan dan menggantikan pipa air rusak.

"Kegiatan ini diawali dengan pembersihan bendungan air selama tiga hari," ujarnya.



Dalam sehari, lanjut Reky, sebanyak 35 personil diturunkan untuk melaksanakan normalisasi bendungan dan pergantian pipa air.

"Kami juga menyewa satu unit alat berat untuk mempermudah upaya normalisasi bendungan,”  akunya.

Ditempat yang sama Ondo Afi Stenley menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pangkostrad, Pangdam XVII/Cenderawasih yang telah memberikan perhatiannya dengan tulus dan ikhlas, kepada masyarakat perbatasan Skouw.

"Sekarang air sudah kembali mengalir lancar," ucapnya berterimakasih.**