Pesawat Smart Air Ditembak KKB di Intan Jaya

Kelompok Kriminal Bersenjata kembali berulah dengan menembak Pesawat Smart Air di Distrik Homeyo Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah pada Selasa pagi sekitar pukul 08.26 WIT

JAYAPURA ,wartaplus.com – Kelompok Kriminal Bersenjata kembali berulah dengan menembak Pesawat Smart Air di Distrik Homeyo Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah pada Selasa pagi sekitar pukul 08.26 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan, pesawat yang diawaki oleh Pilot M Farhan dan Co-Pilot Wahyu itu terbang dari Bandara Timika tujuan Pogapa Intan Jaya dengan membawa tujuh personel brimob.

Setelah menurunkan seluruh penumpang dan akan terbang menuju Nabire, pesawat ditembaki oleh kelompok bersenjata sebanyak sepuluh kali. Meski begitu pesawat tetap terbang menuju Kabupaten Nabire.

“Hasil Kordinasi kami pesawat ditembakkan sebanyak sepuluh kali saat lepas landas dari Pogapa menuju Nabire. Tidak ada korban dalam kejadian ini," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Wartaplus.com pada Selasa (18/7/2023) sore. 

Setelah sampai di Nabire dan dilakukan pengecekan, ditemukan empat lubang bekas tembakan pada sayap kiri pesawat.

"Tim berhasil menemukan lubang empat pada sayap kiri pesawat Caravan PK-SNO yang diduga disebabkan oleh dua proyektil peluru yang menembus pesawat tersebut," terangnya.

Teror kelompok bersenjata ini adalah yang kedua dalam tiga hari terakhir. Sebelumnya Kelompok Kriminal Bersenjata berulah dengan menyerang aparat keamanan di Polsek dan Koramil Homeyo Intan Jaya pada Minggu siang sehingga terlibat kontak tembak dengan TNI-Polri kurang lebih 2 jam. *