Papua Street Carnival Berpotensi Menjadi Iven Terpilih Se-Nusantara 

Presiden Jokowi berfoto bersama anak-anak yang mengisi acara Papua Street Carnival/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Pelaksanaan Papua Street Carnival 2023 di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura disambut positif oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Ia berharap Papua Street Carnival menjadi pemantik semangat dan motivasi bagi anak-anak muda di tanah Papua agar selalu menghadirkan karya-karya kreatif anak bangsa yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Kita bersyukur acara Papua Street Carnival 2023 berjalan sukses dan tadi ada perintah bapak presiden untuk kembali dilakukan dengan kolaborasi Pemerintah Provinsi Papua dan lebih besar. Jadi ini akan menjadi atensi kita untuk melaksanakan kembali Papua Street Carnival tahun depan,” katanya kepada wartawan pada Jumat (07/07/2023). Menurutnya, Papua Street Carnival berpotensi menyamai Jember Festival dan membuka peluang usaha lebih besar dan luas.

“Kalau dilihat dengan saksama, maka seni pertunjukan, music, tari-tarian dan budaya yang ditampilkan memiliki potensi untuk menjadi iven terpilih dari seluruh nusantara. Jadi memang street carnival ini betul-betul selebrasi kekuatan ekonomi kreatif masyarakat Papua,” imbuhnya.
Sandiaga menyebut, tahun depan pelaksanaan Papua Street Carnival akan kembali dipusatkan di Kota Jayapura, namun akan melibatkan seluruh anak muda creative di Papua.

“Tahun depan masih akan kita lakukan di Kota Jayapura, tapi sebelum puncaknya, maka kita akan buat road to street carnival di daerah-daerah se-papua, sehingga puncaknya digelar di Jayapura. Jadi pelaku ekonomi kreatife yang dilibatkan juga lebih banyak,” terangnya.

Sandiaga menambahkan bahwa, pihaknya akn mendorong pelaku ekonomi kreatif di papua untuk mengembangkan inovasinya hingga ke level nasional.

“Kita akan dorong anak-anak muda papua untuk berkarya di tingkat nasional juga karena mereka sudah memiliki kreativitas dan inovasi. Jadi mereka akan lebih mudah bersaing di level yang lebih tinggi. Kita akan tetap membantu untuk menciptakan Bahlil baru dan Billy yang baru,” ungkapnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi penyelengaraan Papua Street Carnival di Area Kantor Gubernur Papua. Menurutnya, pagelaran ekonomi kreatif pertama di tanah papua ini akan memberikan kesempatan bagi anak-anak muda Papua untuk menjadikannya peluang usaha guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Industri kreatif di tanah Papua memiliki potensi dan kekuatan yang besar, namun potensi-potensi tersebut harus direncanakan jauh-jauh hari dengan baik, dikemas dengan baik, dibranding dengan baik sehingga memunculkan produk yang terbaik. Waktunya juga kalau bisa lebih lama atau dimalam hari,”ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media. Presiden pun berharap ajang pameran ini dapat berkelanjutan setiap tahunnya dan diambil alih dengan cepat oleh pemerintah daerah karena papua memiliki potensi besar yang harus terus dikembangkan.

“Ini adalah awal munculnya industri kreatif yang ada di tanah Papua dan kita harapkan ini terus berlanjut, dikelola oleh daerah sendiri, dimanajemeni oleh anak-anak muda Papua sendiri karena ini memang masih dibantu dari pusat," terangnya. “ lKarena memang potensinya besar sekali. Mungkin satu atau dua grup nanti akan saya tampilkan di istana,” tandasnya.