Berikan Kemudahan Bagi Wisatawan, Menparekraf Launching TIC di Bandara Sentani

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melaunching Tourism Information Center (TIC) di Bandara Sentani pada Rabu (05/07/2023) pagi/Andy

SENTANI, wartaplus.com - Guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jayapura, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melaunching Tourism Information Center (TIC) di Bandara Sentani pada Rabu (05/07/2023) pagi.

Pusat layanan informasi ini akan memudahkan wisatawan yang tiba di Bandara Sentani, bisa mengakses informasi tentang destinasi wisata, kuliner, budaya lokal dan UMKM di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Sandiaga Uno menyebut, layanan TIC ini akan membantu mendorong pergerakan wisatawan nusantara, dimana target pemerintah hingga 1,4 miliar wisatawan Se-nusantara.

"Ini adalah sebuah inovasi yang sangat membantu untuk mendapatkan informasi baik daya tarik wisata maupun akomodasi dan event-event. Ini mungkin salah satu yang pertama di seluruh Indonesia dan menurut saya patut diapresiasi karena dengan scan barcode ini sangat mudah untuk wisatawan mendapatkan informasi," kata Sandiaga Uno kepada wartawan di Bandara Sentani, Rabu pagi.

"Inovasi ini juga akan membantu mendorong pergerakan wisatawan nusantara karena target kita 1,4 miliar wisatawan nusantara," sambungnya.

Berdampak Ekonomi

Selain itu, inovasi ini akan membantu membuka lapangan kerja di seluruh daerah di Indonesia dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di daerah.

"Setiap pergerakan wisatawan nusantara ini akan menghasilkan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat. Dan target lapangan kerja yang akan kita capai di 2024 adalah 4,4 juta, itu sangat mungkin bisa dicapai jika seluruh kabupaten di Indonesia juga memiliki inovasi yang sama," terangnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong agar TIC juga disosialisasikan melalui media sosial, sehingga memudahkan pengguna mengakses informasi.

" Saya melihat ke depan justru setiap masyarakat maupun duta-duta wisata bisa mensosialisasikan barcode karena ini sangat mudah tinggal scan langsung keluar informasi. Dengan akses yang mudah maka bisa menarik lebih banyak kunjungan wisatawan," imbuhnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, memberikan apresiasi atas launching Tourism Information Center. Ia berharap kehadiran TIC memotivasi para pelaku ekonomi dan wisata di Kabupaten Jayapura untuk terus berkembang.

" Kami sampaikan terimakasih dan penghargaan sebesar-besarnya atas launching Tourism Information Center oleh pak Menparekraf, Sandiaga Uno. Ini akan menjadi motivasi buat pelaku ekonomi dan pelaku wisata untuk peningkatan ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Jayapura," ujarnya.**