DPR RI Apresiasi Tanggung Jawab Sosial Freeport di Bidang Kesehatan

Komisi IX DPR RI dalam kunjungan kerja reses ke Kabupaten Mimika/Istimewa

TIMIKA,wartaplus.com - Komisi IX DPR RI dalam kunjungan kerja reses ke Kabupaten Mimika turut meninjau Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Freeport Indonesia di bidang kesehatan di Timika, pada Jumat (14/04/2023). 

Emanuel Melkiades Laka Lena, Ketua Tim Komisi IX DPR mengapresiasi Freeport Indonesia yang sampai saat ini tetap konsisten menjalankan tanggungjawab sosial di bidang kesehatan.

“Apresiasi untuk Freeport Indonesia yang dengan caranya selama puluhan tahun sejak tahun 1999 sampai sekarang terus memberikan dukungan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Timika, dan pelayanan kesehatan gratis kepada warga 7 Suku yang berdomisili di sekitar wilayah perusahaan. Puluhan tahun saya melihat perjalanan rumah sakit ini ditopang oleh Freeport dan bagus menjadi contoh  bagi perusahaan lain,” kata Melkiades.

Melkiades pernah datang tahun 2005 ke Timika saat masih menjadi Staff Menteri ESDM. “Kunjungan saya ke Timika saat itu untuk me-review lima urusan di PT Freeport Indonesia termasuk CSR, salah satunya RSMM ini. Sampai saya datang lagi, rumah sakit ini masih stabil memberi pelayanan,” ujar Melkiades.

Melkiades turut memuji kolaborasi yang baik yang dilakukan Freeport, YPMAK, BPJS, bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika.

“Kerjasama dengan RSUD Mimika sehingga layanan kesehatan di RSMM apabila membutuhkan rujukan, RSUD ternyata sudah berjalan dan ditopang oleh Pemda Mimika yang membayar iuran sehingga bisa dilayani melalui kerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ujar Melkiades. 

Direktur RSMM, Dr. Johny Ribo Tandisau menyampaikan sejak tahun 2008 RSMM terakreditasi sebagai rumah sakit Type C.

“Saat ini RSMM melayani pasien dengan kapasitas 160 tempat tidur pasien, 370 tenaga kerja medis yang terdiri dari 26 dokter umum dan spesialis, 185 perawat dan bidan, serta 159 tenaga  kesehatan medis dan non medis lainnya,”terangnya. Operasional RSMM saat ini dikelola oleh Yayasan Charitas Timika  dibawah pengawasan Keuskupan Timika.

Pendirian RSMM adalah hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Mimika, Lembaga Pengembangan Masyarakat Irian Jaya (saat ini menjadi YPMAK), Keuskupan  Mimika (?), dan didukung penuh PTFI. RSMM mulai beroperasi pada tahun 1999. Saat itu inisiatif mendirikan RSMM karena belum ada rumah sakit di Kabupaten Mimika, ungkap Direktur RSMM. 

Kunjungan Komisi IX DPR RI ke RSMM didampingi Direktur RSMM Dr. Johny Ribo Tandisau, Executive Vice President (EVP) External Affairs PTFI Agung Laksamana dan Kepala Teknik Tambang (KTT) PTFI Carl Tauran, bersama jajaran manajemen rumah sakit.