Pengurus Universal Line Dance Papua Dilantik, Dinakhodai Suzana Wanggai

Penyerahan bendera ULD kepada Ketua ULD Papua terpilih, Zusana D. Wanggai/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Pengurus The Universal Line Dance (ULD) Provinsi Papua periode 2022 - 2027 resmi dilantik, bertempat di Hotel Horizon Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (01/04).

Pelantikan secara virtual oleh Ketua Umum ULD Pusat Lusi Sujadi, disaksikan Ketua Umum Kormi Pusat Hayono Isman serta pengurus Kormi Papua.

Adapun Ketua ULD Papua terpilih, Suzana D. Wanggai yang kesehariannya bertugas sebagai Plt. Asisten Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat)

Dalam sambutannya, Ketua ULD Papua Suzana Wanggai berjanji segera mempopulerkan olahraga masyarakat Line Dance ke sekolah-sekolah melalui iven tertentu. Hal itu dipandang sangat baik, sebab anak muda Papua sangat kental dan dekat dengan tari-tarian adat, seperti Sajojo dan lainnya.

"Ini sudah menjadi komitmen kami untuk supaya Line Dance ini bisa lebih dikenal masyarakat terutama generasi muda," ujar wanita yang biasa disapa Susi ini.

 "Makanya akan kita masukan ke sekolah-sekolah dan kalau memungkinkan akan dikolaborasikan dengan tarian adat Papua, meski memang Line Dance ini sudah ada koreografinya sendiri. Tapi yang terpenting pesannya supaya Indonesia bugar masyarakatnya itu bisa tercapai," sambungnya.

Bersinar

Sementara itu, Ketua Umum ULD Pusat Lusi Sujadi meyakini Inorga ULD Papua bakal bersinar dibawah kepemimpinan pengurus yang baru dilantik. 

Apalagi, pengurus ULD Papua dipimpin oleh seorang wanita asli Bumi Cenderawasih, yang juga merupakan birokrat tulen serta paham dan lekat dengan dunia seni dan tarian.

"Kalau kita lihat dari latar belakang dan mendengar dari sambutan serta komitmen Ketua ULD Papua ibu Suzana Wanggai kita yakin dan ini kebanggaan, meski baru menjadi anggota Kormi Papua, sudah ada komitmen untuk berprestasi lebih baik kedepan. Kita juga yakin ULD Papua bisa wujudkan warga Papua jadi tidak hanya sehat, tetapi bugar," yakinnya.

Ketua Umum Kormi Nasional, Hayono Isman, mendorong ULD Papua untuk mempersiapkan diri jelang gelaran Festival Olahraga Nasional (Fornas) Bandung, Juli 2023 mendatang. Pihaknya yakin ULD Papua mampu menorehkan hasil yang baik pada Fornas beberapa bulan nanti.

"Saya yakin ULD Papua pada Fornas Bandung tahun ini bisa tampil lebih hebat, tidak hanya di anak dan remaja, juga dewasa serta lanjut usia," akunya optimis.

Acara pelantikan pengurus ULD Papua, turut diisi dengan penampilan tarian Line Dance pegiat remaja putri asal DKI Jakarta, Febriani Claudya Uduas (11 tahun) yang mana pada Fornas Palembang lalu, meraih medali perunggu.**