Sampaikan Amanat Presiden, Gubernur Waterpauw: Papua Barat Role Model  Pemerintahan Otsus di Papua

Gubernur Papua Barat menyapa lewat RRI Manokwari, Kembali berlangsung, Selasa ( 28/03/2023 ) pagi/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com - Gubernur Papua Barat menyapa lewat RRI Manokwari, Kembali berlangsung, Selasa ( 28/03/2023 ) pagi. Tema yang dibawakan dalam program dialog kali ini, yaitu bincang-bincang dengan penjabat gubernur Papua Barat Komjen Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, dalam masa jabatan triwulan III, yang dipandu oleh presenter Lany Litimy.

Penjabat Gubernur Papua Barat, Papua Barat Konjem Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, menjelaskan garis besar tugas-tugas pokok dan amanat presiden terhadap dirinya sebagai penjabat Gubernur Papua Barat.

Dimana terdapat lima program yang diberikan presiden, diantaranya menjaga stabilitas keamanan, stabilitas pemerintahan dan stabilitas wilayah. Penanganan pandemi Covid 19, peningkatan infrastruktur kesehatan salah satunya penurunan stunting, peningkatan infrastruktur pendidikan, pemulihan ekonomi dan sialisasi UU Nomor 2 tahun 2021, tentang Otonomi khusus bagi Papua.


"Program-program yang diminta oleh bapak presiden, ada lima hal yang utama, yaitu yang pertama kita menjaga stabilitas, stabilitas pemerintahan dan stabilitas wilayah. Yang kedua penanganan pandemi Covid 19, yang ketiga pemulihan ekonomi dengan melibatkan swasta. Yang keempat, peningkatan pendidikan, infrastruktur kesehatan dan stunting. Yang kelima sosialisasi UU Otsus, ini penting untuk memahami semangat dari UU tersebut," jelas Gubernur Waterpauw.

Hal lainnya yang Penjabat Gubernur Waterpauw, yakni amanat pimpinan pusat, untuk menjadikan Papua Barat sebagai provinsi sebagai role model pemerintahan Otsus di Papua.

"Pertiga bulan kami selalu dievaluasi di kementerian dalam negeri, hal yang menjadi catatan sejak saya dilantik, kami sedang mencoba untuk menggarapanya atau melaksanakannya bersama OPD di Papua Barat. Sampai hari ini kami diminta untuk jadikan provinsi Papua Barat sebagai rol model pemerintahan otsus di Papua. Oleh sebab itu, kita kerjakan apa saja yang menjadi harapan masyarakat," ujar Penjabat Gubernur, Konjem Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpauw M.Si,

Hadir dalam acara gubernur Papua Barat menyapa ini, para asisten pimpinan OPD. Dalam dialog ini, penjabat gubernur juga berkesempatan menampung sejumlah aspirasi, saran dan masukan dari masyarakat, seputar pembangunan di Papua Barat.