BI Papua Sosialisasikan QRIS Kepada ASN Pemkab Kepulauan Yapen

Foto bersama pemateri dari BI Papua dan ASN Kepulauan Yapen/Humas BI Papua

SERUI, wartaplus.com – Bank Indonesia perwakilan Papua memberikan Sosialisasi Qoick Response Indonesian Standar (QRIS) kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, berlangsung di Gedung Silaspapare Serui, Kamis, (02/03/2023).

Deputi Perwakilan BI Papua, Tommy Andreas dalam paparannya mengatakan QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia, agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

“Tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk dapat memperkenalkan QRIS dan mendorong para ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen untuk dapat menggunakannya,” ujar Tommy.

Ia menjelaskan, penggunaan QRIS memudahkan ASN untuk dapat bertransaksi secara digital.

“Adanya transaksi dengan QRIS dapat menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang bisa digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel,” jelasnya.

Lanjut ungkap Tommy, BI selaku regulator dari sistim pembayaran tentunya menjaga keamanan dan perlindungan dari QRIS tersebut. Diharapkan QRIS dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk dapat menjalankan aktivitas transaksi.

Media Edukasi

Sementara itu dalam sambutan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay yang dibacakan oleh Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir Edi N Mudumi mengajak seluruh ASN mengikuti sosialisasi ini dengan baik.

“Ini sebagai media edukasi untuk memperoleh pemahaman tentang QRIS yaitu bagaimana penggunaan serta apa peruntukannya dan manfaatnya, sehingga dapat menopang rutinitas tugas dan kerja terutama yang berhubungan dengan transaksi,” ujarnya.

Hal ini, lanjut Edi, adalah bagian dari tuntutan era globalisasi sehingga dapat mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi tanpa terkecuali bagi ASN dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga tak tertinggal melainkan semakin maju dan berkualitas tuturnya.

“Penggunaan teknologi ini maka semua yang dilakukan dan dibutuhkan tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi secara online yang berdampak pada, kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan,” bebernya.

Edi juga mengajak semua peserta dapat menyambut baik sosialisasi ini sebagai terobosan yang dibuat oleh Bank Indonesia dalam rangka memfasilitasi ASN dan masyarakat di kabupaten kepulauan Yapen

QRIS merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk mendorong perluasan penggunaannya kepada masyarakat dengan melakukan transaksi dengan cara elektronik dan melalui standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code, agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.**