Presiden GIDI Sebut 3 Hal Penting di Perayaan Natal Gabungan Puncak Jaya

Presiden GIDI Pdt Dorman Wandikbo saat membawakan firma Tuhan di acara Natal Gabungan Kabupaten Puncak Jaya/dok:KominfoPJ

MULIA, wartaplus.com – Natal Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, Denominasi Gereja dan Ormas serta masyarakat yang dirangkaikan dengan syukuran 5 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya dan Hut Ke-26 Kabupaten Puncak Jaya berlangsung meriah di Lapangan Amanah, kota Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (03/12). 

Perayaan natal gabungan kali ini berbeda dengan natal tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di lapangan Amanah, dan diselimuti oleh asap bakar batu massal.

Turut hadir dalam natal tersebut adalah Penjabat Gubernur Papua Tengah Dr. Ribka Haluk, S.Sos, MM bersama Anggota Komisi II DPR RI Komarudin Watubun, SH,MH, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S,Sos, S.IP,MM dan Wabup Deinas Geley, S.Sos, M.Si, Bupati Nabire Mesak Magai, S.Sos, M.Si, Bupati Puncak Wilen Wandik SE, M.Si, Bupati Paniai Capt. Meki Nawipa, Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley, S.Sos, M.Si Sekda Prov. Papua Tengah Drs. Velentinus Sudarjanto Sumito, S.IP, M.Si dan Presiden GIDI Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th,

Hadir juga Ketua DPRD Puncak Jaya Zakaria Telenggen, didampingi oleh Wakil Ketua I Miren Kogoya, S.I.Kom, Sekertaris Daerah Puncak Jaya Tumiran, S.Sos, M.AP, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Deny Salurerung S.Sos, Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara SH, MH, Danyonif RK 301/PKS Letkol Inf M. Syaifudin, Danyonif RK 113/JS Letkol Inf Fanany, Kapos lll Elang BIN, Mulia Puncak Jaya Mayor Chb Yan Stepanus, Danpos Paskhas Yonko 465/SPO Pontianak Lettu Pas Angga Yudi Pranata, Kepala Suku Besar Kab. Puncak Jaya Pdt. Yulenus Enumbi, para ASN dan warga masyarakat.

Proses penyalaan lilin natal pertama dilakukan oleh Anggota Komisi II DPRRI Komarudin Watubun, SH,MH, Gubernur Provinsi Papua Dr. Ribka Haluk, S.Sos, M, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos,S.IP,MM, Bupati Nabire Mesak Magai, S.Sos, M.Si, mewakili Denominasi Gereja Presiden GIDI Pdt. Dorman Wandibok, S.Th  dan Aparat Keamanan Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Denny Salurerung, S.Sos.

Pemberitaan Firman Tuhan disampaikan oleh Presiden GIDI Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th yang terdapat pada Yohanes 1:1-9.

"Ada 3 hal yang sangat penting, dalam perayaan natal yaitu pertama apa itu perayaan natal, arti natal dan makna natal,” ucap Dorman.

Pdt. Dorman mengatakan bahwa perayaan natal berbicara tentang apa yang sedang kita lakukan pada saat ini.

“Dalam suasana natal pasti ada pohon natal, lilin natal, kartu natal,kado natal, dan lagu-lagu natal, tetapi bukan itu yang menjadi inti didalam dunia ini, melainkan hari Kelahiran Tuhan Yesus yang harus diagungkan karena hanya dialah yang menciptakan itu semua, “ ujar Dorman.

Dirinya mengatakan, lagu natal yang diputar dimana-mana bukan hanya di toko orang Kristen saja tetapi juga non Kristen juga ikut merayakan itu, 

“Karena mereka tahu bahwa Raja segala raja di dalam dunia ini hanyalah Yesus Kristus, maka pada tanggal 1 Des – 31 Des adalah waktu untuk perayaan natal,” terangnya.

Lanjut Pdt. Dorman, arti natal berbicara tentang penyerahan diri, hidup harus diserahkan kepada Tuhan segala yang kita punya harus diserahkan kepada dia, suami-istri,anak, tugas bahkan apapun itu harus kita serahkan kepada Tuhan, “Terpenting menurut Firman Tuhan adalah arti natal yaitu penyerahan sungguh-sungguh, supaya Tuhan yang bertindak, membuka jalan, melakukan mujizat-mujizat di dalam hidup kita dan mengikuti apa yang Tuhan kehendaki,"terangnya lagi.

Lanjut Pdt. Dorman arti natal yang kedua adalah memberi, natal tidak berbicara tentang masak-masak, natal tidak berbicara tentang hal-hal yang lain, karena arti natal adalah memberi.

“Jika orang paham tentang arti natal yang sesungguhnya dia akan memberikan apapun yang dia punya kepada Tuhan,” tambahnya.

Pdt. Dorman menyampaikan bahwa makna natal mengingatkan kita pada 2000 tahun yang lalu bahwa dialah raja diatas segala raja, sebelum dia lahir nubuatnya sudah ada, jika kita paham dan mengerti tentang perayaan natal, arti natal dan makna natal yang sesungguhnya maka natal yang sementara kita lakukan akan berkenan di hati Tuhan.(Adv/KominfoPJ)