Sambut Natal dan Tahun Baru 2023, Puncak Jaya Harus Steril dari Penyakit Masyarakat

Suasana rapat panitia persiapan tiga agenda kegiatan Pemda Puncak Jaya/dok:ProkopimPJ

MULIA, wartaplus.com - Guna memantapkan persiapan tiga agenda kegiatan Pemda Puncak Jaya, panitia melakukan rapat koordinasi teknis di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Daud T. Wendamily, SH, M. KP didampingi Sekretaris Panitia Keni Wonda, S.Sos, M. KP, hadir mewakili Kodim 1714/PJ Pasi Ops. Kapten Inf. Daniel Sine didampingi perwakilan Kapolres Puncak Jaya Ps. Kasubbag Dal Ops Polres Puncak Jaya Ipda Yusuf Elias C. Kapisa selaku Wakil Ketua I dan II. 

Pada rapat tersebut,setiap seksi memaparkan rencana kegiatan mereka untuk menyukseskan tiga kegiatan akhir tahun pemda. 

Poin penting yang digaris bawahi Ketua Panitia ialah faktor keamanan pelaksanaan acara dan keterlibatan semua unsur. Oleh karena itu dirinya menghimbau seksi keamanan untuk bekerja maksimal 

"Keamanan harus menjadi prioritas utama, karena kegiatan bisa sukses terlaksana apabila keamanan bisa dijaga oleh semua pihak," imbau ketua panitia.

Senada dengan itu Seksi Keamanan yang diketua oleh Polres Puncak Jaya menjelaskan, anggotanya akan melakukan patroli gabungan guna menertibakan sajam, miras dan penyakit masyarakat guna menjaga situasi kamtibmas jelang peringatan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Untuk menjaga situasi jelang tiga kegiatan besar pemda, seksi keamanan akan lakukan patroli gabungan TNI/Polri satu minggu sebelum dilaksanakannya kegiatan yang telah dijadwalkan" ungkap Koordinator seksi keamanan.

Adapun keanggotaan seksi keamanan terdiri dari TNI/Polri, Satgas 301/PKS dan Satgas 113/JS bersama Satpol PP yang ada di Puncak Jaya. Perlu juga diketahui puncak tiga kegiatan besar ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2022 sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas kepemimpinan Bupati Dr. Yuni Wonda, S. Sos, S. IP, MM dan Wakil Bupati Deinas Geley, S. Sos, M. Si selama 2017-2022 yang berjalan aman, damai dan penuh pembangunan. 

Stake Holder  Bantu Jaga Keamanan

Terlepas dari tugas seksi keamanan, ketua panitia juga menegaskan bahwa stakeholder yang ada juga punya tanggung jawab menjaga keamanan sebelum dan bahkan sesudah kegiatan termasuk Kepala Distrik. 

Dalam rapat tersebut, koordinator kepanitiaan juga menyetorkan rancangan kebutuhan biaya yang mereka perlukan. Dari rancangan tersebut, ketua panitia akan melaporkan ke pimpinan dalam hal ini Bupati Puncak Jaya guna menindak lanjuti kebutuhan biaya setiap seksi yang ada.

Terkait usulan bakar batu dilapangan terbuka, pihaknya akan melaporkan kepada Bupati Puncak Jaya termasuk beberapa usulan lainnya selepas Bupati kembali dari urusan dinas.

Ketua Panitia Daud Wendamily menekankan agar ada kontribusi pihak swasta, pemilik toko, kios, warung serta kontraktor untuk ikut memeriahkan natal dengan spanduk, umbul-umbul dan pernak pernik natal. 

"Semua masyarakat harus terlibat untuk menyambut natal dengan membersihkan lingkungan dan atribut natal dan tahun baru 2023. Kemudian pihak keamanan agar menertibkan sajam, miras sehingga kita bisa sambut Natal dengan suka cita. Surat edaran akan disampaikan kemudian" jelasnya.(Adv/ProkopimPJ)