Bupati Yuni Serahkan Langsung Bantuan Zona III di Distrik Fawi, Begini Respon Masyarakat

Bupati Puncak Jaya Dr Yuni Wonda digendong oleh pemuda saat tiba di Distrik Fawi/dok:ProkopimPJ

FAWI, wartaplus.com - Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM bersama rombongan forkopimda melakukan kunjungan kerja ke Distrik Fawi. Dalam kunjungan kerja itu Pemda Puncak Jaya kembali melakukan Penyaluran Dana Bantuan Modal Usaha dan Lembaga Keagamaan yang ada di Zona III, yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan Atap Seng untuk masyarakat di 3 Distrik.

Hadir dalam kegiatan Bupati Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, Kapolres PJ AKBP. Kuswara, S.H., S.I.K., M.H, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Daniel Salurerung, S.Sos bersama Ketua Persit Puncak Jaya, Dir Intelkam Polda Papua Kombes Pol Dr. Tagor Hutapea, S.I.K., M.Si , Ketua Komisi B Mendi Wonorengga, Asisten Bid. Administrasi Umum Ordianto Baruri, S.PT, Kepala DPMK Irwan Tabuni, S.STP, Kabag Tapem Edy Kusman Rahman, S.STP, Kabag Kesra, Ketua Klasis Gidi Rofaer Fawi Pdt. Benyamin Omo dan pimpinan Denominasi Gereja serta Kepala Distrik dan para tamu undangan yang hadir.

Diketahui penyaluran bantuan kepada wirausaha di 3 Distrik zona III yakni Distrik Fawi, Distrik Torere dan Distrik Degei, dimana setiap Distrik menerima bantuan sebesar Rp.227.000.000 dengan total keseluruhan Rp681.000.000 dan bantuan kepada Lembaga Keagamaan yakni 1 Klasis dan 20 Gereja dengan total keseluruhan Rp. 700.000.000. 

Adapun bantuan Atap Seng Distrik Fawi sebanyak 7.800 Lembar Seng, Distrik Dagai sebanyak 3.900 Lembar Seng dan Distrik Torere sebanyak 3.900 Lembar Seng.Bantuan yang disalurkan oleh Pemda Puncak Jaya dianggarkan dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) Tahun 2022 yang diperuntukan untuk orang asli Papua (OAP).

Dalam sambutannya, Bupati Dr. Yuni menegaskan, sejatinya tujuan Otsus ada adalah untuk pemberdayaan masyarakat Papua dan sekaligus keberpihakan kepada OAP. 

"Olehnya peruntukannya harus menyentuh langsung dan tepat sasaran," kata Dr Yuni. 

Terkait penyaluran Dana Desa yang juga dilakukan hari ini untuk tahap II zona III yang ditujukan di 3 Distrik, 32 Kampung harus disalurkan dengan baik dan tepat sasaran. Dana Desa Tahap II yang disalurkan sebesar total Rp. 12.205.344.000,-.

Bupati berharap bantuan ini dipergunakan sebaik-baiknya.

Ditempat yang sama Ketua Klasis Gidi Rofaer Fawi, Pdt. Benyamin Omo menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah. 

“Hari ini Tuhan telah menjawab doa kami semua lewat bantuan yang diberikan oleh Bupati Puncak Jaya, ini pertama kalinya Bupati menyerahkan bantuan langsung dihadapan masyarakat," ungkapnya penuh haru.

Mewakili 3 Distrik, Simeon Omo menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah atas bantuan yang telah diterima, pihaknya mengatakan jika bantuan tersebut merupakan bantuan yang sangat besar dan baru pertama kali diterima oleh Distrik setempat.

Senada dengan itu Kabi Enumbi mewakili masyarakat juga menyampaikan jika dirinya sangat bangga dan bahagia dengan kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Puncak Jaya. Pihaknya berterima kasih kepada Bupati karena telah menjawab aspirasi masyarakat yang membutuhkan atap seng karena selama ini masyarakat hanya mengandalkan atap dari daun sagu.(adv/prokopimPJ)