Polisi Gadungan Ditangkap Saat Pembukaan Kongres Masyarakat Adat di Sentani

Seorang polisi gadungan diamankan anggota Samapta dan Sie Propam Polres Jayapura di halaman Stadion Barnabas Youwe Sentani Kabupaten Jayapura pada Senin (24/10/2022) siang/Andy

JAYAPURA,wartaplus.com -  Seorang polisi gadungan diamankan anggota Samapta dan Sie Propam Polres Jayapura di halaman Stadion Barnabas Youwe Sentani Kabupaten Jayapura pada Senin (24/10/2022) siang.

Pemuda berinisial ALO (21) tersebut diamankan karena kedapatan menggunakan seragam Polri lengkap dengan atributnya.

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen yang dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. Kapolres menyebut, saat ini yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan.

" Tadi saat pembukaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara, anggota mengamankan salah seorang warga beratribut lengkap pakaian Polri. Ia dicurigai anggota karena gerak-geriknya, dan saat didekati ia berusaha untuk kabur, namun berhasil diamankan," ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengaku menggunakan seragam Polri karena bercita-cita menjadi anggota Polri untuk menggantikan kakaknya yang telah meninggal dunia.

" Motifnya bahwa ia ingin sekali menjadi anggota Polri untuk mengantikan kakak - kakaknya yang sudah meninggal. diketahui juga pelaku telah 4 kali mengikuti tes seleksi Polri namun gagal atau tidak lulus," bebernya.

Selain itu, pelaku juga mengaku bahwa pakaian dan atribut Polri yang digunakan dibeli dan dijahitnya langsung di salah satu toko yang ada di Sentani.

" Karena terobsesi jadi anggota Polri, maka ia membeli dan menjahit sendiri seragam Polri itu," tandasnya. (**)