Jembatan Trans Papua Distrik Tingginambut Rusak, Warga Berharap Balai PUPR Turun Tangan

Papan jembatan Tingginambut, Puncak Jaya yang sudah lapuk menyebabkan puluhan kendaraan tak bisa melintas/dok:ProkopimPJ

MULIA, wartaplus.com - Sejumlah mobil angkutan barang dan penumpang termasuk kendaraan roda dua, tertahan di jembatan kali Tingginambut, Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya. Ini merupakan ruas jalan nasional Trans Papua Wamena - Mulia km 179. 

Berdasarkan data dari Dinas PUPR Kabupaten Puncak Jaya, jembatan yang rusak ini merupakan jembatan rangka baja, bentangan kurang lebih 32 m yang dibangun pada 2003 silam.

Dari hasil pemantauan di lapangan, tertumpuknya kendaraan ini disebabkan amblasnya kendaraan truk angkutan barang pada Rabu (19/10)  dini hari lalu dari arah Distrik Ilu menuju Mulia, yang menyebabkan sebanyak 50 kendaraan lajuran tertahan, termasuk rombongan Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda dan Forkopimda yang akan menuju Distrik Nioga.

Berdasarkan informasi warga setempat, kerusakan ini sering terjadi dan sangat mengganggu mobilitas kendaraan. Dimana papan landasan jembatan sering patah karena sudah lapuk. Serta ditengarai karena tonase kendaraan yang melebihi batas. 

Masyarakat berharap agar ada perhatian dari pemerintah pusat dalam hal ini BPJN Wamena Wilayah 5.1 Kementerian PUPR  untuk turun tangan. Mengingat ruas jalan ini merupakan ruas jalan nasional dan jalan satu-satunya penghubung Kota Mulia dan Wamena. 

"Semoga jembatan ini bisa segera diperbaiki agar angkutan barang tidak terhambat mengingat dalam waktu dekat masyarakat puncak jaya akan menyambut hari Natal dan Tahun Baru," ujar salah seorang warga. (Adv/Kominfo)