Jalin Silaturahmi, Pangdam Cenderawasih Kunjungi Tokoh Agama Pendeta Lipiyus Biniluk

Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa berfoto bersama Pdt Lipiyus Biniluk/dok:Pendam17

SENTANI, wartaplus.com - Dalam rangka menjalin tali silaturahmi dengan Tokoh Agama di wilayah Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa berkunjung ke kediaman Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Papua, Pdt. Lipiyus Biniluk., M.Th., di Kompleks STT GIDI Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa, (13/09).

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangan tertulisnya menyatakan, kunjungan Pangdam ke salah satu tokoh agama Papua merupakan yang pertama kalinya sejak dilantik sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih pada 3 September 2022 lalu. 

"Pangdam berinisiatif untuk berkunjung menemui tokoh agama. Dalam pertemuan antara Pangdam XVII/Cenderawasih dengan Pendeta Lipiyus Biniluk yang merupakan Ketua FKUB Prov Papua dalam suasana santai dan penuh keakraban," ungkap Kapendam.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menyampaikan kunjungannya ke kediaman Pendeta Lipiyus Biniluk untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi, dalam rangka bersama-sama mewujudkan keamanan dan kedamaian di tanah Papua. Sekaligus memperkenalkan diri sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih yang baru.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Pendeta Lipiyus Biniluk yang telah menyambut saya dengan baik, terlebih suasana penuh keakbraban. Saya berharap dengan terjalinnya komunikasi yang baik, akan tercipta suasana saling membantu dalam menjaga kondusifitas di tanah Papua,  dimana kerukunan umat beragama dapat menjadi contoh di daerah lainnya,” kata Pangdam Saleh.

"Kodam XVII/Cenderawasih akan senantiasa membantu para tokoh agama untuk melakukan pelayanan terbaik kepada para jemaatnya," tambah Mayjen Saleh.

Di kesempatan itu, ia mengajak para tokoh agama untuk mendukung terciptanya kedamaian di tanah Papua, dengan cara pendekatan teritorial, pendekatan dengan hati dan kesejahteraan. Diharapkan ini dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di Papua.

"Bila komunikasi telah terjalin dengan baik, maka semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik, pendekatan teritorial, pendekatan dengan hati dan pendekatan kesejahteraan diharapkan dapat memberikan kedamaian di Papua," pungkas Pangdam.

Di tempat yang sama, Bapak Pendeta Lipiyus Biniluk mengucapkan terima kasih kepada Pangdam Cenderawasih atas kunjungannya untuk membangun komunikasi dengan para Tokoh Agama.

“Semoga dengan adanya niat baik dari Bapak Pangdam yang baru untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan para tokoh agama di Papua ini dapat menciptakan tanah Papua yang kondusif. Kami akan senantiasa membantu Kodam dalam mewujudkan Tanah Papua aman dan damai,” ungkap mantan Presiden GIDI Papua ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, Aster Kasdam XVII/Cenderawasih, Kapendam XVII/Cenderawasih.**