Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Bakal Dorong Transformasi Digital di Papua

Direktur Informasi, Komunikasi, Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Septriana Tangkary/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Direktur Informasi, Komunikasi, Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Septriana Tangkary, mengajak seluruh pihak ikut menyukseskan acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Papua 2022 (Gernas BBI) dengan tema “Binar Digital Papua” di GOR Cenderawasih Papua pada Rabu (24/8/2022).

Menurut Septriana, Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang penuh potensi sumber daya alam dan produk khas unggulan dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, UMKM Papua harus terus didorong untuk naik kelas dan berdaya saing bahkan tingkat global, salah satunya dengan masuk ke dalam ekosistem digital.

“ Gernas BBI Papua 2022 merupakan bagian dari percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional. Saya berharap semua pihak bisa ikut menyukseskan acara ini," kata Septriana Tangkary dalam keterangan tertulis yang diterima Wartaplus.com pada Rabu (24/8/2022).

Dikatakan, Panitia Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Papua 2022 (Gernas BBI) dengan tema “Binar Digital Papua" telah mempersiapkan seluruh fasilitas pendukung untuk menyukseskan acara di Bumi Cendrawasih tersebut. Mulai dari jaringan listrik, internet, keamanan, venue dan lainnya.

" Terkait dengan pengamanan sudah siap dari TNI dan Polri. Jadi tidak perlu ragu lagi terkait keamanan," tegas Septriana.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang ditunjuk sebagai campaign manager pun telah memastikan akan terus memperkuat infrastruktur pendukung digitalisasi. Keberhasilan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di era transformasi digital termasuk di Papua, salah satunya ditentukan oleh penguatan infrastruktur digital seperti Palapa Ring, satelit pendukung, dan base transceiver station (BTS).

Sampai saat ini berdasar data dari aptika.kominfo.go.id, sudah lebih dari 5000 BTS yang telah dibangun di Papua.

" Salah satu  upaya untuk mempercepat transformasi digital melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas) BBI Papua 2022," kata Septriana.

Septriana menuturkan, transformasi digital di sektor publik terus menguat dalam beberapa tahun terakhir, apalagi dalam kondisi pandemi COVID-19 yang memaksa masyarakat untuk cepat beradaptasi, termasuk di Papua yang termasuk  daerah penuh potensi.

Gernas BBI Papua 2022 mendapat dukungan penuh antara lain dari Telkom Group dan Telkomsel untuk konektivitas, serta sejumlah platform e-commerce nasional.

Gernas BBI Papua 2022 mulai digelar pada Rabu (24/8/2022) di GOR Cenderawasih Kota Jayapura. Beberapa menteri pun dijadwalkan akan hadir, baik secara offline maupun online, di antaranya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menkominfo Johnny G Plate, Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Kemudian, Menkop UKM Teten Masduki, Menparekraf Sandiaga Uno, Mendagri Tito Karnavian, Menkeu Sri Mulyani, MenPUPR Basuki Hadimuljono dan Meninves Bahlil Lahadalia.

Binar Digital Papua akan ditandai dengan pemukulan Tifa. Pameran produk UMKM, pertunjukan tarian budaya Papua, artis Papua, fashion show, akan turut dihadirkan.