Universitas Terbuka Pokjar Puncak Jaya Gelar OSMB dan PKBJJ

Foto bersama Bupati Puncak Jaya dan Rektor UT Jayapura dan Pengurus UT Pokjar Puncak Jaya/dok:ProkopimPJ

MULIA, wartaplus.com - Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda S.Sos, S.IP, MM membuka secara resmi kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Universitas Terbuka Kelompok Belajar (Pokjar) Puncak Jaya, di Aula Sasana Kawonak kantor Bupati Puncak, Kamis (21/07).

Acara pembukaan dihadiri langsung Rektor UT Jayapura Dr. Mujadi, M.Pd, perwakilan Forkopimda setempat, Pengurus UT Pokjar Puncak Jaya, Yubelina Enumbi, SE, MM bersama para mahasiswa baru yang mengikuti OSMB.

Untuk diketahui, Universitas Terbuka Pokjar Puncak Jaya merupakan program kerjasama antara Pemda Puncak Jaya dengan UT Jayapura dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di Puncak Jaya.

Dalam Laporannya, Yubelina Enumbi menyebut proses pembelajaran UT Pokjar Puncak Jaya telah dimulai pada tanggal 05 Januari 2022. Adapun jumlah mahasiswa sebanyak 66 orang terdiri dari mahasiswa Program Guru PAUD sebanyak 20 orang, Gurus SD 1 orang, Ilmu Pemerintahan 25 orang, Ekonomi Manajemen 20 orang, dan Ilmu Hukum 1 orang.

Yubelina Enumbi yang juga Kepala BPKAD Puncak Jaya menjelaskan, saat ini kegiatan pembelajaran telah memasuki semester dua dan berkantor di PAUD Nagalo Marannu.

"Beberapa syarat untuk membuka Universitas di satu daerah ialah masalah keamanan serta jaringan yang memadai. Puncak Jaya sendiri sudah memenuhi syarat yang dibutuhkan. Hal ini tidak terlepas dari kinerja Bupati Dr. Yuni yang mengusung Visi Misi AMANAH dalam kepemimpinannya," jelasnya.

Kegiatan OSMB dan PKBJJ ditandai dengan penyerahan Jas Almamater UT kepada Bupati Dr. Yuni yang dilakukan oleh Rektor Mujadi disambut tepukan meriah mahasiswa yang hadir.

Sementara itu, Bupati Dr. Yuni dalam sambutannya menyampaikan, setiap orang pasti menginginkan perubahan maupun meningkatkan kemampuannya, dan faktor penting yang bisa mendukung ialah pendidikan.

Oleh karena itu ia percaya kedepannya Universitas Terbuka ini akan diikuti oleh semua elemen yang ada baik dari TNI-Polri, Instansi Vertikal.

"UT telah berakreditasi A dan membuka pembelajaran lewat online yang memudahkan para mahasiswa mengikuti proses belajar dimanapun mereka berada" bebernya.

Hal inilah yang menjadi acuan pemda dalam hal ini diusung oleh Ketua Penyelenggara Pokjar, Ibu Yubelina Enumbi guna bekerjasama dengan UT Jayapura, dimana mahasiswa yang ikut bisa tetap menjalankan tanggung jawab mereka selaku pengajar maupun ASN.

Bupati Dr. Yuni berpesan untuk memanfaatkan baik kesempatan yang telah ada. "Para mahasiswa harus manfaatkan baik karna ini merupakan kesempatan untuk menambah dan meningkatkan skil" pesannya.

Di tempat yang sama Dr. Mujadi Selaku Rektor UT, mengapresiasi kerja sama yang dibentuk UT Jayapura dan pemda Puncak Jaya dalam hal ini Ibu Yubelina Enumbi yang merupakan alumni S2 UT tahun 2020. 

"Dedikasi ibu Yubelina dalam meningkatkan SDM Puncak Jaya sangat luar biasa, beliau membuka kesempatan bagi rekan-rekan mahasiswa Puncak Jaya untuk meningkatkan keahlian," ucapnya.

Dirinya juga sangat mengagumi keindahan kota Mulia. "Kota Mulia adalah kota yang sangat bersih, dingin beda dengan kota kebanyakan yang ada di Papua," ujarnya kagum.(Adv/ProkopimPJ)