Freeport Serahkan Bantuan Perangkat Komputer untuk Sentra Pendidikan Timika 

Penyerahan simbolis komputer oleh Nathan Kum mewakili Manajemen PTFI kepada Yohanes Napan, Kepala Sekolah SMAN 5 Sentra Pendidikan Timika, disaksikan Jenny Usmani, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika/Istimewa

TIMIKA,wartaplus.com– PT Freeport Indonesia (PTFI) menyerahkan bantuan peralatan komputer kepada SD, SMP, dan SMA 5 Negeri Sentra Pendidikan Mimika pada Jumat (13/5/2022), untuk mendukung program belajar mengajar di sekolah yang mayoritas siswanya adalah putra-putri asli Papua. 

“PTFI turut mendukung kemajuan pendidikan di Kabupaten Mimika, karena pendidikan sangat penting khususnya untuk anak-anak Papua agar mampu bersaing di masa depan, dan sukses seperti para alumnus Sentra Pendidikan yang sudah menjadi pilot dan dokter,” kata Nathan Kum, Vice President Community Development PTFI dalam sambutannya di Aula Sentra Pendidikan SP 5 Timika.

Menurut Nathan Kum, bantuan ini merupakan realisasi dari hasil pembicaraan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika sekitar dua tahun lalu, bahwa PTFI akan memberi perhatian khusus juga untuk sekolah negeri di Kabupaten Mimika.  

Kepala Dinas Pendidikan Menengah Kabupaten Mimika, Jenny Usmani mengapresiasi bantuan PTFI. “Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada PTFI yang telah peduli terhadap dunia Pendidikan di Mimika. Bantuan komputer dan alat elektronik dari PTFI akan sangat bermanfaat bagi pihak sekolah dan siswa-siswi di Sentra Pendidikan Timika,” kata Jenny Usmany. 

Pemerintah Kabupaten Mimika turut mendukung perkembangan Pendidikan anak-anak sekolah di Kabupaten Mimika dalam hal Teknologi Informasi.Jenny berharap bantuan komputer ini dapat digunakan secara maksimal oleh siswa dibantu para guru.

“Saya juga menghargai peran guru yang mengajar di sekolah, saya berharap untuk kedepannya akan ada ahli-ahli tambang dari Sentra Pendidikan ini,” kata Jenny. 

Sementara itu Kepala Sekolah SMA 5 Sentra Pendidikan, Yohanes Napan, menyampaikan rasa gembira dan apresiasi terhadap bantuan yang diberikan pihak Freeport.

“Perusahaan sangat memperhatikan pendidikan di Timika, dengan bantuan peralatan komputer ini akan sangat memotivasi kami para guru, dan para siswa akan menggunakan peralatan komputer dan alat-alat elektronik ini dengan sebaik-baiknya,” kata Yohanes.

Bantuan PTFI untuk Sentra Pendidikan berupa 15 komputer PC Dell Inspiron, 6 Printer Kyocera, 4 LCD Projector Epson E500, dan 5 buah Notebook Asus K413EQ.  Saat ini Sekolah Sentra Pendidikan Timika mendidik lebih dari 300 siswa asli Papua dengan komposisi 70 persen siswa-siswi berasal dari Suku Amungme-Kamoro, dan 30 persen adalah siswa-siswi Papua dari 5 suku kekerabatan.*