Ramadhan dan Lebaran 2022, Trafik Layanan Data Telkomsel Wilayah PUMA Tumbuh 48 Persen

Ilustrasi pelayanan Telkomsel/dok:Humas Telkomsel

JAKARTA, wartaplus.com - Telkomsel mencatat adanya peningkatan trafik layanan broadband pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1443 H (RAFI 2022) untuk wilayah regional PUMA yang mencakup Provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono menyebut peningkatan trafik layanan data sebesar 1.23 Pentabyte atau bertumbuh sebesar 48 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 0.9 persen dibanding hari biasa.

Lalu untuk layanan suara/telepon tercatat mengalami penurunan 31 persen dibandingkan dengan periode RAFI tahun lalu, atau tumbuh 13 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Sementara untuk layanan SMS tercatat mengalami penurunan 65 persen dibandingkan dengan periode RAFI tahun lalu, atau turun 0.2 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk Telkomsel secara keseluruhan di Indonesia terjadi peningkatan trafik layanan sebesar 21 persen dibandingkan momen yang sama di tahun sebelumnya atau 9 persen dibandingkan hari biasa.

Peningkatan trafik layanan data, ungkap Saki, tidak terlepas dari upaya Telkomsel dalam melakukan penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di 500 point of interest (POI) yang berfokus di area residensial, fasilitas umum seperti rumah sakit, jalur transportasi, dan masjid raya.

Telkomsel memaknai Ramadan dan Idul Fitri 2022 sebagai momentum #SambungkanSenyuman dengan memberikan nilai tambah bagi pelanggan untuk menjaga optimisme dalam berbagi kebaikan di momen Ramadan dan Idul Fitri melalui pemanfaatan akses konektivitas dan layanan berteknologi digital.

“Keluarga besar Telkomsel mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Semoga hari perayaan besar ini bisa menjadi momentum bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih optimis dan aktif dalam menebar manfaat bagi sesama," ucap Saki. 

"Kami juga memaknai perayaan Idul Fitri kali ini sebagai momentum untuk terus membuka lebih banyak peluang lebih luas bagi masyarakat dalam menjaga tali silaturahmi dengan membangun semangat #SambungkanSenyuman untuk kebaikan di setiap aktivitas keseharian, dengan dukungan jaringan broadband berteknologi terdepan yang andal dan prima dari Telkomsel,” sambung ia.

Dengan semakin tingginya percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat saat ini, terutama sebagai dampak menyesuaikan kebiasaan baru di masa pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir, Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa. Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. 

Saki lebih lanjut menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa. Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen. 

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35 persen), TikTok (meningkat 16 persen), Instagram (naik 15 persen), YouTube (melonjak 13 persen) dan Facebook (naik 1persen).**