Universitas Terbuka Buka Kuliah Jarak Jauh di Puncak Jaya, Peminat Membludak

Foto bersama para mahasiswa baru Universitas Terbuka cabang Puncak Jaya/dok:ProkopimPJ

MULIAwartaplus.com - Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Puncak Jaya, Pemerintah Daerah setempat menjalin kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) Jayapura dengan  membuka cabang baru Universitas Terbuka di Puncak Jaya melalui metode pembelajaran jarak jauh. 

Peresmian cabang UT Puncak Jaya ditandai dengan diadakannya orientasi mahasiswa baru lewat Zoom digital. Hadir sejumlah pengurus UT Puncak Jaya Yubelina Enumbi didampingi Saltiel Timomi bersama pengurus UT Jayapura, bertempat di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Sabtu (19/03).

Orientasi diikuti sebanyak 67 mahasiswa yang telah terdaftar. Ditemui pers setelah kegiatan Saltiel Timomi selaku Sekretaris menyampaikan, "data mahasiswa UT Kabupaten Puncak Jaya sebanyak 67 orang yang terdiri dari jurusan ilmu pemerintahan 25 orang, jurusan ekonomi manajemen 20 0rang, jurusan PG-PAUD sebanyak 21 orang serta ada jurusan hukum 1 orang" jelasnya.

Saltiel mengaku antusias peserta baik dari pegawai maupun masyarakat sangatlah tinggi untuk melakukan studi di UT Puncak Jaya, hal ini dibuktikan dengan adanya 113 orang yang telah mendaftar pada gelombang pertama, namun masih ada proses registrasi susulan sebanyak 67 orang dikarenakan pengiriman berkas calon mahasiswa yang mengalami keterlambatan.

Kerjasama Pemerintah Puncak Jaya dan UT Jayapura merupakan bentuk nyata salah satu Visi Misi Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S. Sos, S.IP, MMM dalam upaya meningkatkan standar kualitas pendidikan masyarakatnya.

Salah satu mahasiswa baru UT Puncak Jaya

Tiel juga mengakui masih terbuka kesempatan bagi peminat dimana pendaftaran baru akan dibuka kembali pada bulan Juni tahun 2022. 

"Rekan-rekan yang berkenan mendaftar dapat melakukan pendaftaran pada bulan 6 tahun 2022 di Sekolah Dasar Nagalo Muni kota lama dimana akan dibuka pendaftaran S1 dan S2" imbuhnya

Adapun persyaratan yang perlu dipersiapkan ijazah terakhir yang telah di legalisir, pas foto 3x4 tiga lembar, 4x6 tiga lembar, materai enam ribu dan foto copy KTP asli/domisili Puncak Jaya.

Mengakhiri wawancaranya Tiel berharap dengan dibukanya UT Puncak Jaya bisa meningkatkan kualitas saing serta menghemat biaya transportasi masyarakat untuk turun ke kota guna melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

Sementara itu, salah seorang peserta, Urdi Haluk mengaku senang dan sangat terbantu dengan hadirnya program ini. Menurutnya terobosan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk kuliah tanpa harus repot-repot turun ke kota. (Adv/ProkopimPJ)