Pemerintah Papua Serahkan Tanah dan Air, Simbol Dukungan Pembentukan IKN Nusantara

Penyerahan tanah dan air kepada Presiden Jokowi, sebagai bentuk dukungan Papua terhadap pembentukan IKN Nusantara/dok:iIstimewa

KALTIM, wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua menyerahkan tanah dan air yang ditaruh dalam wadah kendi sebagai simbol dukungan terhadap pembentukan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Penyerahan secara simbolis oleh Asisten III Bidang Umum Setda Papua, Y.Derek Hegemur mewakil Gubernur kepada Presiden Joko Widodo di acara rituall kendi dan  peninjauan lokasi Titik Nol IKN, Senin (14/03).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Provinsi Papua, Jerry Yudianto yang turut hadir dalam acara peninjauan saat dikonfirmasi wartawan via telepon menjelaskan, tanah yang dibawa dan diserahkan langsung kepada Presiden adalah mewakili 29 kabupaten/kota di Papua yang mendukung pembangunan IKN Nusantara di bumi Kalimantan. Sementara air merupakan simbol pemberi kesuburan atas tanah yang ada. 

"Dengan semangat kebersamaan  33 Provinsi lainnya, Provinsi Papua juga mendukung IKN di Bumi Kalimantan," ucap Jerry.

Selain penyerahan secara simbolis tanah dan air, ungkap Jerry, di kesempatan itu pemerinta Papua juga menanam pohon matoa, yang menjadi salah satu spesies tumbuhan yang banyak ditemukan di wilayah bumi cenderawasih.

" Kami harap pohon matoa ini bisa tumbuh di IKN dengan karakter yang sama dengan di Papua," harapnya.**