Bappeda Puncak Jaya Gelar Forum Konsultasi Publik RPD 2023 - 2026

Pemerintah Daerah Puncak Jaya menggelar Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026, Rabu (02/03) di Aula Sasana Kaonak kantor Bupati/dok:ProkopimPJ

MULIA, wartaplus.com - Memasuki masa peralihan kepemimpinan, Pemerintah Daerah Puncak Jaya menggelar Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026, Rabu (02/03) di Aula Sasana Kaonak kantor Bupati. 

Dalam forum yang digagas oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Puncak Jaya itu, melibatkan banyak stakeholder diantaranya DPRD, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI/Polri, Kepala Distrik dan tokoh masyarakat. 

Acara dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra selaku Plh. Sekda Yahya Wonorenggo, S.IP. Selain itu, ikut mendampingi Asisten Adum Setda Ordianto Baruri, S.PT. Hadir juga Ketua Komisi B DPRD Mendi Wonorengga dengan moderator oleh Sekertaris Bappeda Bertnadus Seleng, S. Sos, M. Si didampingi Kabid Sosial Budaya Bappeda, Junaedi limbong.

Mewakili Bupati Puncak Jaya, Plh. Sekda Yahya Wonorenggo, S.IP dalam sambutannya menyampaikan bahwa forum ini digelar sebagaimana amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata Cara Perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan RPJPD, RPJMD dan RKPD serta khusus untuk penyusunan Dokumen RPD 2023 - 2026 dan Inmendagri Nomor 70 Tahun 2021 tentang Penyusunan Dokumen RPD bagi daerah yang masa jabatan KDH berakhir 2022. 

"Nantinya dokumen dimaksud akan menjadi dasar dalam perumusan dan penyusunan RKPD Tahun anggaran 2023,” kata Yahya.

Pedoman Pelaksanaan Pemerintahan

Ia menjelaskan, dokumen RPD yang dihasilkan nantinya akan menjadi pedoman dan arah pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan jangka menengah selama masa transisi antara tahun 2023 - 2026 yang digunakan bagi seluruh komponen daerah baik Penjabat Bupati, Pemda, masyarakat, dan juga dunia usaha. 

"Tujuannya agar memberikan tolak ukur kinerja guna mengukur keberhasilan pembangunan daerah dalam rangka monitoring, pengawasan dan pengendalian serta sebagai dasar melakukan evaluasi kinerja tahunan pembangunan daerah," jelas Yahya.

Ditemui setelah kegiatan, Sekertaris Bappeda Bertnadus Seleng menyampaikan bahwasannya tujuan dari forum ini adalah penyepakatan permasalahan daerah, isu strategis, tujuan dan sasaran RPD tahun 2023-2026, dan program prioritas hasil analisa permasalahan dan isu strategis yang kemudian akan dituangkan ke dalam penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan Rancangan RPD tahun 2023-2026 dan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Puncak Jaya Tahun 2023.

"Dengan pelaksanaan ini diharapkan visi RPJPD 2005-2025 terwujud dimana mengkhendaki Kabupaten Puncak Jaya yang aman, maju dan sejahtera dengan berlandaskan semangat yabu eruwok,” kata Bertnadus.

Dalam sambutannya ikut dikemukakan pencapaian dalam masa kepemimpinan Bupati Dr. Yuni Wonda yang berhasil meningkatkan angka IPM dan pencapaian WTP dan keberhasilan dalam menjaga keamanan di Puncak Jaya. 

Sementara itu, Kakesbang Pol, Keni Wonda menambahkan, bukti dari keberhasilan kepemimpinan bapak Bupati ini, sangat terlihat.

"Setidaknya program dan kegiatan yang sudah ada agar dipertahankan. Selama 4 Tahun ini Puncak Jaya aman dan kondusif," katanya.(Adv/ProkopimPJ)