Ban Depan Pecah, Pesawat Milik Pemda Puncak Tergelincir di Bandara Bilorai Intan Jaya

Pesawat perintis jenis carawan dengan nomor registrasi SAS PK-FSW tergelincir di Bandara Bilorai Sugapa, Intan Jaya/Istimewa

INTAN JAYA,wartaplus.com - Pesawat perintis jenis caravan dengan nomor registrasi SAS PK-FSW milik Pemerintah Kabupaten Puncak tergelincir di Bandara Bilorai Sugapa, Intan Jaya pada Senin (28/02/2022) pagi.

Pesawat yang dipiloti Capten Alion Belau ini terbang dari Timika menuju Intan Jaya dengan membawa enam orang penumpang dan sejumlah bahan sembako dan alat bangunan.

Saat akan landing di runway 09 Bandara Bilorai, tiba-tiba ban depan pesawat pecah sehingga pesawat tergelincir keluar landasan.

" Sekitar 50 meter dari titik landing awal di landasan Pesawat SAS PK-FSW mengalami pecah ban bagian depan sehingga Pesawat tergelincir keluar arah kanan landasan," kata Kapolres Intan Jaya, AKBP Sandi Sultan ketika dikonfirmasi pada Senin siang.

Kapolres menyebut, dalam insiden ini, dua crew pesawat dan enam orang penumpang dinyatakan selamat. Sementara pesawat mengalami kerusakan cukup parah.

"Tidak ada korban jiwa. Semua penumpang selamat. Namun pesawat mengalami kerusakan cukup parah pada bagian mesin, baling baling, bagasi depan dan ban depan patah," bebernya.

Hingga siang ini pesawat belum dievakuasi dan masih berada di sebelah kanan landasan Bandara Bilorai. 
" Pesawat masih berada dilokasi kejadian, namun aktifitas penerbangan di Bandara Bilorai sugapa juga tetap berjalan dengan pengamanan dari aparat keamanan TNI-Polri," tandasnya.

Kecelakaan ini adalah yang kedua dalam tiga hari terakhir, sebelumnya pada hari Sabtu lalu pesawat Pilatus milik Smart Aviaton tergelincir di lapangan Terbang Bayabiru, Paniai.

Dalam kejadian itu, dua crew pesawat dan empat orang penumpang dikabarkan selamat. Sementara pesawat mengalami kerusakan cukup parah.*