BI Papua Sosialisasikan Penggunaan QRIS, dan CBPR Kepada Jajaran Lantamal X Jayapura

Pemberian cindera mata oleh Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto Marpaung kepada Kepala Perwakilan BI Papua, Juli Budi Winantya di acara sosialisasi QRIS, Senin (21/02)/dok:Humas BI Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua melakukan sosialisasi penggunaan QRIS (pembayaran secara digital) serta Training of Trainers (ToT) atau pelatihan tentang Cinta, Bangga, Paham Rupiah kepada jajaran Lantamal X Jayapura.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Aula Samudra Loka, Mako Lantamal X Jayapura, Senin (21/02/2022) pagi, dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BI Papua, Juli Budi Winantya serta Danlatamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto Marpaung beserta jajaran.

Di kesempatan itu juga digelar Vaksinasi dan pameran UMKM produk lokal Papua.

Kepala Perwakilan BI Papua, Juli Budi Winantya kepada wartawan mengatakan kegiatan ini adalah bentuk sinergitas antara BI Papua dan Lantamal X Jayapura.

"Ini adalah tahun kedua untuk kegiatan vaksinasi," ujarnya.

Sementara untuk Sosialisasi QRIS dan pelatihan Cinta Bangga Paham Rupiah baru pertama kalinya digelar.

"Kita harapkan Lantamal X Jayapura dapat menjadi mitra BI dalam meningkatkan pemahaman Cinta Bangga Paham Rupiah di masyarakat, serta penggunaan QRIS sebagai alternatif pembayaran non tunai di Lantamal," kata Budi.

Selain itu, lanjutt Budi, melalui acara ini, pihaknya optimis bahwa pertumbuhan ekonomi akan terus berlanjut. 

"Salah satunya dengan terus mendukung UMKM Lokal dan berbelanja produk dalam negeri," terangnya.

"Selain itu melalui kegiatan vaksinasi booster yang dilaksanakan, dapat sebagai gerbang awal dalam meminimalisir penyebaran COVID-19 dan terus mengimplementasikan protokol kesehatan," tukas Budi.

Ia menambahkan, penggunaan QRIS sebagai pembayaran non tunai sangat relevan dengan situasii pandemi saat ini. 

"Dimana lebih bersih karena customer tidak harus bersentuhan fisik dengan penjual sehingga dapat membantu menimilasiri penyebaran COVID -19 di tengah masyarakat," katanya.

Saat ini untuk wilayah Papua terdapat 102 ribu pedagang yang telah menggunakan QRIS, dan sekira 60 persen berada di Kota Jayapura.

Kepala BI Papua dan Danlantamal X Jayapura meninjau pelaksanaan vaksinasi

Sementara itu Danlantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Feryanto Marpaung menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh BI Papua tersebut.

"Sosialiasi QRIS dan Cinta Bangga Paham Rupiah ini baru pertama kali dilaksanakan di Lantamal X, ini kegiatan positif. Saya pribadi pun baru tahu ternyata lembaran rupiah itu harus dirawat dengan baik," aku Marpaung.

Termasuk pembayaran digital menggunakan QRIS, Marpaung mengaku baru mengetahuinya.

"Pastinya setelah mengetahui ini saya akan menggunakan QRIS dalam setiap transaksi pembayaran. Memang hal begini harus terus disosialisasikan ke masyarakat, karena masih banyak yang belu paham," katanya.

Terkait kegiatan vaksinasi, Marpaung menjelaskan, ini dperuntukkan bukan hanya kepada prajurit dan keluarga tapi juga masyarakat umum.

"Memang kendalanya itu bagaimana mengajak masyarakat untuk vaksinasi, karena memang agak sulit terutama masyarakat asli Papua. Sehingga harus diberikan stimulan atau ransangan seperti memberikan sembako kepada mereka yang mau divaksin," jelasnya.

Marpaung berharap sinergitas dengan BI Papua akan terus terjalin ke depannya. 

"Kita harapkan kedepan masih ada kegiatan positif lainnya yang bisa dikerjakan bersama lagi dengan Bank Indonesia," harapnya.**