Juli Winantya : Responden Survei Penting untuk Perumusan Kebijakan Bank Indonesia

Kepala perwakilan BI Papua, Juli Budi Winantya saat memberikan sambutan pada acara Temu Responden tahun 2023/Humas BI Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Bank Indonesia Papua menyelenggarakan acara Temu Responden tahun 2023 dengan tema “Torang Pu Data, Bersama Majukan Bangsa“ bertempat di Auditorium Kantor Bank Indonesia Provinsi Papua, Kamis, (02/11) siang.

Kegiatan ini sebagai wujud apresiasi atas kontribusi responden survei, yang telah bersedia memberikan datanya dalam rangka asesmen dan perumusan kebijakan Bank Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema tersebut selaras dengan semangat perjuangan dan kepahlawanan yang baru saja diperingati pada tanggal 28 Oktober 2023 sebagai Hari Sumpah Pemuda dan tanggal 10 November 2023 yang akan datang sebagai Hari Pahlawan.

"Responden survei secara tidak langsung juga dapat dianggap sebagai pahlawan karena kontribusi datanya sangat penting untuk perumusan kebijakan yang tepat," kata Juli dalam rilis yang diterima wartaplus.com.

Salah satu contoh hasil pemantauan perkembangan harga komoditas melalui SPH dan PIHPS di pasar tradisional dan pasar modern, yang dapat digunakan untuk mengetahui proyeksi laju inflasi ke depan.

"Sehingga Bank Indonesia dapat menentukan langkah pengendalian yang perlu segera diambil, seperti strategi 4K Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang terdiri dari Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif," jelas Juli.

Penyerahan doorprize

Selanjutnya, dengan langkah strategis dan sinergi yang erat bersama stakeholders terkait seperti penyelenggaraan gerakan pangan murah, koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) secara rutin mingguan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta kerjasama antar daerah untuk fasilitasi distribusi komoditas pangan, inflasi di wilayah Papua dapat terkendali ke dalam target yang telah ditetapkan.

Pada Temu Responden tahun 2023 ini, para responden dihibur dengan serangkaian acara seperti seminar motivasi humor oleh Setyawan Tiada Tara, band performance oleh D’Project Band, pembagian berbagai doorprize menarik, serta pengumuman pemenang lomba kostum terbaik dengan tema perjuangan dan kepahlawanan.

Acara ini diharapkan dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara Bank Indonesia Papua dengan para responden. Ke depan diharapkan pula dapat semakin meningkatkan kualitas perolehan data survei dalam rangka perumusan kebijakan Bank Indonesia.

Untuk diketahui, dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai tujuan untuk mencapai stabilitas nilai rupiah, memelihara stabilitas Sistem Pembayaran, dan turut menjaga Stabilitas Sistem Keuangan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan data dan informasi yang lengkap dan akurat.

Adapun perolehan data dan informasi dimaksud antara lain dilakukan melalui beberapa survei yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia seperti Survei Pemantauan Harga (SPH), Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), Survei Penjualan Eceran (SPE), Survei Konsumen (SK), Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), dan Liaison kepada pelaku usaha.**