Mathius Awoitauw Dideklarasikan Maju Gubernur Papua 2024-2029

Ondofolo Bambar, Orgenes Kaway ketika memberikan noken kepada Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw/Andy

JAYAPURA,wartaplus.com - Sejumlah masyarakat di Kampung Bambar, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura mendeklarasikan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw untuk maju dalam pemilihan gubernur papua periode 2024-2029. 

Deklarasi ini dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Bambar, Distrik Waibu pada Senin (14/02/2022) siang.

Ondofolo Kampung Bambar, Orgenes Kaway, mengungkapkan, program kampung adat yang dicanangkan oleh Bupati Mathius Awoitauw sejalan dengan Otonomi Khusus (Otsus) sehingga dinilai layak untuk memimpin Papua.

"Khusus kepada masyarakat Kabupaten Jayapura atau Khenambay Umbay bahwa pak bupati (Mathius Awoitauw) adalah sosok pemimpin yang pantas mewakili kita pada Pilkada tahun 2024 mendatang. Itu sebabnya kalo di Kota Jayapura pak Tomi Mano sudah dideklarasikan maju, maka hari ini kita juga derklarasikan pak Mathius Awoitauw untuk maju dalam Pilkada gubernur tahun 2024 mendatang," serunya di hadapan masyarakat.

"Pak Mathius Awoitauw sudah memenuhi syarat untuk maju. Untuk itu ijinkan saya dengan seluruh masyarakat menyatakan sikap siap memberikan dukungan kepada pak Bupati Jayapura untuk maju sebagai gubernur papua periode 2024-2029," pintanya.

Orgenes menyebut, sistim kepemimpinan di Papua sudah berubah dimana banyak pejabat hebat asal Tabi yang sudah disingkirkan sehingga dibutuhkan pemimpin asal Tabi.

"Sistim kepemimpinan di Papua sudah banyak berubah. Orang-orang hebat asal Tabi sudah disingkirkan,  sehingga sudah saatnya kita mengusung pemimpin asal Tabi yang mewakili kita. Itu adalah kerinduan kami semua," bebernya.

"Hari ini dari Kampung Bambar kami nyatakan sikap siap mendukung pak bupati maju sebagai gubernur apa pun konsekwensinya. Kalah menang ada di dalam tangan Tuhan," sambungnya.

Menanggapi deklarasi tersebut, Bupati Mathius Awoitauw memberikan aprasiasi kepada masyarakat yang mendukungnya. " Terima kasih untuk doa dan harapan dari bapak ibu sekalian. Kita berdoa biar Tuhan yang tentukan masa depan papua," ujarnya singkat.*