Hoax Saat Perayaan Natal Beredar

Polda Papua Bantah Kyai NU Meninggal Diserang KKB di Yahukimo

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Sebuah informasi yang menyatakan bahwa Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Yahukimo, Kyai Suwito Rais Syuriyah tewas diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo beredar di media sosial whatsapp. 

Dalam pesan berantai itu tertulis : Kabar duka dari keluarga besar NU Papua bahwa Kyai Suwito Rais Syuriyah PCNU Kab. Yahukimo wafat setelah diserang dg senjata tajam oleh gerombolan KKB di Suru suru perbatasan Yahukimo dan Asmat sepulang dari Muktamar. Semoga beliau dimasukkan dalam golongan Syuhada, amal ibadahnya diterima di sisi Allah swt. dan mendapatkan ampunanNya. Amin. Lahul fatihah.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal yang dikonfirmasi wartaplus.com menyebut bahwa informasi tersebut tidak benar. “ Itu tidak benar, hoax,” katanya ketika dikonfirmasi pada Sabtu (25/12/2021) malam.

Kamal mengakui ada penyerangan yang dilakukan oleh Orang Tak di Kenal (OTK), namun korbannya bukan Kyai Suwito Rais Syuriyah.

“Ada penyerangan yang menyebabkan satu orang warga meninggal dunia. Namun bukan Kyai Suwito Rais Syuriyah itu. Korbannya adalah seorang petani bernama Ngatiman,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kapendam XVII/Cenderawasih, Kol Inf Aqsha Erlangga mengatakan bahwa informasi penyerangan kyai di Yahukimo adalah hoax. “ Hoax itu. Pak Kyai dalam kondisi sehat walafiat,” ujarnya saat dikonfirmasi Sabtu malam.

Bahkan kapendam menyebut, korban yang diserang adalah seorang petani. “ Ada penyerangan yang dilakukan, tapi korbannya adalah seorang petani bernama Ngatiman, bukan kyai,” tegasnya.*