Resmikan Gereja Yambi, Bupati Yuni Ungkap Sinergitas Kunci Utama Sambut Pembangunan

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM memberikan sambutan di hadapan masyarakat saat peresmian gereja GIDI/dok.ProkompimPJ

MULIAwartaplus.com - Menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.IP, MM, memilih menghabiskan waktu berkumpul bersama masyarakatnya. Seperti yang dilakukan dengan meresmikan Gereja GIDI Wilayah Yamo Klasis Mulia “JEMAAT IMANUEL MONDU” yang berada di Distrik Yambi, Sabtu (18/21).

Di kesempatan kunjungannya ke Yambi, Bupati juga menyempatkan diri meninjau hasil pembangunan seperti infrastruktur jalan.

Resmikan gereja GIDI di Yambi, Bupati didampingi Ketua DPRD Zakaria Telenggen, Wakapolres Puncak Jaya AKBP. Philip Lajar, Pasi Ops. Kodim 1714/PJ Daniel Sine. Hadir pula Wakil Ketua I DPRD Provinsi Papua Dr. Yunus Wonda, SH, MH didampingi Isteri, Danyon Rider 613/RJA Letkol Inf. Priyo Handoyo bersama Dansattis Maleo, Kapten Inf. Frengky J.T. Hadir juga Ketua Klasis Yamo Pdt. Telius Wonda, S.Th, serta pejabat Eselon II dan III.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati didampingi Ketua DPRD Puncak Jaya, Wakil Ketua I DPRD Provinsi, Wakapolres PJ dan Danyon Rider 613/RJA serta pembukaan pintu oleh Ketua Klasis Mulia yang disambut tangis haru masyarakat dan jemaat gereja.

Ketua Panitia, Usman Telenggen dalam laporannya menyampaikan, gereja dibangun secara swadaya oleh jemaat, tanpa adanya proposal bantuan. Pembangunan dilakukan selama 37 hari.

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda dalam sambutannya mengapresiasi seluruh masyarakat Distrik Yambi yang telah hadir dalam peresmian gereja. 

“Dulu Yambi terkenal dengan daerah yang rawan, namun dalam kepemimpinan sekarang Yambi sudah berubah menjadi daerah yang aman. Saya dapat pastikan, berkat sinergi semua stakeholder yang ada Puncak Jaya, sekarang 90 persen daerah Yambi dalam keadan aman,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, Pemerintah ada untuk masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat harus bahu membahu untuk menjalankan program pembangunan di Kabupaten Puncak Jaya.

"Karena dimanapun dan kapanpun pemerintah akan terus memperhatikan masyarakat. Maka dari itu seluruh masyarakat Yambi jaga baik gereja yang telah dibangun,” kata Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati membeberkan pembangunan prioritas tahun depan untuk Distrik Yambi yakni pembukaan ruas jalan dari Mondu menuju Danggepaga serta pembangunan rumah sosial untuk masyarakat. 

Bupati Yuni, menegaskan sinergitas adalah prioritas utama “Kami pemerintah sangat mengutamakan sinergi dengan Gereja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Gereja ini merupakan jawaban kerinduan bagi masyarakat agar lebih dekat dengan Tuhan” ujarnya. 

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua yang tidak pernah tutup mata kepada Puncak jaya. Serta pesan kepada masyarakat agar natal dan tahun baru yang akan dirayakan harus dalam keadaan nyaman dan aman. (Adv/ProkompimPJ)