Sekolah SMP Dibakar di Pegunugan Bintang

Hendak Evakuasi Warga Setempat Aparat Ditembaki KKB

Tampak SMP Negeri Serambakon yang terbakar/ Istimewa

PEGUNUNGAN BINTANG,wartaplus.com – Kelompok Kriminal Bersenjata di Pegunungan Bintang kembali melakukan aksi kejahatan dengan membakar sekolah pada Selasa (14/12/2021) pagi. Kali ini sekolah yang dibakar adalah SMP Negeri Serambakon yang berada di Kampung Wambakon, Distrik Serambakon Kabupaten Pegunungan Bintang. Pembakaran sekolah ini adalah yang kedua dalam dua minggu terakhir.

Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Cahyo Sukarnito mengatakan, sebelum pembakaran dilakukan, terdengar suara tembakan sebanyak tiga kali di lokasi kejadian. “Sekitar pukul 08.30 WIT terdengar bunyi tembakan sebanyak tiga kali, namun personil tidak merespon karena belum bisa memantau arah tembakan. Namun sekitar 30 menit kemudian terlihat asap membubung dari bangunan SMP Negeri Serambakon,” katanya ketika dikonfirmasi pada Selasa (14/12/2021) siang.

Personil gabungan TNI-Polri yang melihat kejadian tersebut mendatangi lokasi untuk mengevakuasi warga ke Gereja Katholik Wambakon, namun aparat ditembaki oleh kelompok bersenjata yang tak jauh dari perkampungan.

“Pada saat proses evakuasi berlangsung personil kami ditembaki oleh kelompok bersenjata sehingga anggota pun melakukan tembakan balasan. Dalam kontak tembak itu tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Kapolres sangat menyanyangkan pembakaran sekolah ini karena menyebabkan anak-anak di Pegunungan Bintang tidak dapat bersekolah. “Yang jelas sangat kita sayangkan kejadian ini. Karena dengan membakar sekolah, maka anak-anak kita tidak dapat bersekolah lagi. Bagaimana mamu membangun SDM kalau tidak ada sekolah,” sesalnya.

Sementara itu, pasca pembakaran dan penembakan tersbeut. Aparat gabungan TNI-Polri meningkatkan pengamanan dengan menggelar patroli guna mengantisipasi serangan susulan.