Bakti Sosial BNPP dan Ikal Jatim Papua di Kampung Mosso

Deputi II BNPP Komjen Paulus Waterpauw memberikan bingkisan kepada anak-anak di Kampung Mosso/Lita

JAYAPURA ,wartaplus.com - Bhakti sosial dan kesehatan di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Jumat (10/12/2021) dilakukan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) gandeng Ikatan Alumni Jawa Timur (Ikal Jatim) tanah Papua menggelar

"Bakti sosial berupa berbagi tali asih dan juga bakti kesehatan berupa pengobatan gratis dan vaksinasi Covid -19 itu guna menyambut perayaan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022 di kawasan perbatasan, tepatnya di Kampung Mosso. Perkenalkan, saya Paulus Waterpauw selalu Deputi II di BNPP, yang datang kesini bersama istri, Roma Megawanti Pasaribu serta sejumlah staf," katanya membuka di pagi hari.

Paulus menjelaskan bahwa Ia bukan orang baru di Papua, karena pernah tercatat sebagai Kapolresta Jayapura Kota, Dirkrimum Polda Papua, Waka Polda Papua, Kapolda Papua jilid pertama hingga jilid ke II.

"Saya bukan orang baru karena pernah di sini dan pernah jadi Kapolresta Jayapura serta Kapolda Papua hingga kedua kali. Saat ini saya tidak percaya membantu Pak Mendagri sebagai Deputi II BNPP. Jadi, kita akan sering bertemu," katanya

Sebelum jadi deputi di BNPP, bintang tiga itu menjelaskan secara singkat tentang penugasannya hingga menyudahi massa tugas di tubuh Polri selama 34 tahun. "Tanpa cacat dan berjalan lancar, pangkat terakhir saya Komjen Pol. Orang asli Papua pertama yang menyandang gelar bintang tiga di negara ini," katanya.

Foto: Ibu Roma Megawanti Pasaribu Waterpauw menyerahkan bingkisan natal kepada anak-anak Kampung Mosso/Istimewa

Terkait, Paulus menjelaskan bahwa pengabdian sosial dan kesehatan itu untuk mendorong warga di Kampung Mosso agar hidup lebih baik terutama tentang kesehatan yang perlu dijaga, baru-baru ini saat pandemi Covod -19 perlu menggunakan masker, cuci tangan serta yang paling penting adalah vaksinasi.

Ia juga mengemukakan bahwa kegiatan ini dilakukan bersama Ikal Jatim Tanah Papua dengan melibatkan tenaga medis di Puskesmas Skouw, Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif 711/Raksatama Palu, Sulawesi Tengah yang baru hadir untuk melaksanakan tugas selama beberapa bulan di perbatasan.

Kami juga saat ini memberikan tali asi kepada warga di Mosso, yang dikemas dalam bungkusan dengan isinya antara lain sembako yakni beras 10 Kg, minyak goreng satu liter, gula pasir, susu kaleng, daun teh, serta kue kaleng untuk dimakan saat Natal nanti, " kata Paulus

Komjen Paulus juga mengajak Warga di Kampung Mosso untuk meninjau ibadah Natal Bersama Ikal Jatim Tanah Papua di tapal Batas tak Jauh Dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw Sabtu (11/12) pagi. , nanti ada angkutan yang siap antar jemput, " ujarnya.

Usai itu, Paulus Waterpauw membagikan tali asih berupa sembako, sementara Ibu Roma Megawanti Pasaribu yang datang bersama rekan kuliahnya dari Universitas Indonesia membagikan bingkisan Natal berupa topi dan bando Natal untuk anak-anak serta bingkisan tas dan buku untuk anak usia sekolah.

Sementara itu, Abner Remi salah satu tokoh pemuda di Kampung Mosso kepada BNPP dan Ikal Jatim Tanah Papua serta pihak lainnya yang menggelar kegiatan bakti sosial dan kesehatan jelang event Natal dan Tahun Baru 2022. "Terima kasih untuk Pak Paulus dan Ikal Jatim Tanah Papua serta pihak yang telah mendukung agar terlaksananya acara bakti sosial dan kesehatan di Kampung Mosso," katanya.*