Pembangunan 257 BTS Tol Langit Puncak Jaya, Bupati Minta Kadistrik Pasang Badan

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM memberikan sambutan pada peletakan batu pertama pembangunan 257 site BTS di Distrik Gurage, Selasa (09/11)/dok.Prokopim PJ

MULIAwartaplus.com - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya terus mendorong pembangunan infrastruktur sebagai bentuk pelayanan nyata kepada masyarakat. Khususnya proyek Nasional "Tol Langit" Bakti-Kominfo yang merupakan program nasional guna meningkatkan kecepatan komunikasi dan informasi nasional. 

Hal inilah yang tengah digenjot selama kepemimpinan Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.IP, MM. Kali ini Bupati menghadiri peletakan batu pertama pembangunan BTS di Distrik Gurage yang secara simbolis untuk 257 site BTS di 27 Distrik dan 302 kampung, Selasa (09/11).

Hadir Sekda Tumiran, S.Sos, M.Si didampingi Ketua DWP Ny. Hj. Manikem, Wakil Ketua II DPRD Yoranius Wonda, Wakapolres Philip Ladjar, SH, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Rofi Irwansyah, S.IP, M.Si didampingi Ketua Persit Ny. dr. Angky Rofi Irwansyah. 

Hadir pula Perwakilan Vendor dari PT. IBS-ZTE Badan bersama jajaran teknisi yang akan terjun di titik yang strategis di berbagai pelosok distrik. Dengan pakaian dan atribut K3, Forkopimda yang hadir menjadi sorotan kamera wartawan. 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kominfo, Massora, S. Hut, M. Si menyampaikan, dasar pembangunan 257 site BTS tersebut merupakan program strategis nasional Bapak Presiden Joko Widodo melalu kementerian Kominfo RI. Proyek itu merupakan bentuk pemerataan komunikasi dan informasi di Daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). 

"Program ini merupakan bentuk bukti nyata yang dilakukan Bupati yang terus melakukan koordinasi dengan Komisi satu DPRD dan Kementrian RI sehingga Kabupaten Puncak Jaya mendapatkan 257 unit BTS dimana ini merupakan yang terbanyak kedua di Papua bahkan Nasional" jelas Massora.

Tak lupa, Massora menyampaikan terima kasih kepada Menteri Kominfo dan Direktur PT. Bakti yang telah memberikan kelebihan jatah dibanding daerah lain yang akan dimanfaatkan untuk kemudahan akses komunikasi bagi masyarakat. 

Diharapkan seluruh stakeholder dapat bekerjasama untuk menyukseskan program ini. Kendati baru beberapa site yang telah mendapatkan approval, dirinya optimistis dengan dukungan situasi keamanan di Puncak Jaya yang kondusif, semua target dapat selesai tepat waktu. 

Perjuangan Panjang

Setelah peletakan batu pertama, Bupati Dr. Yuni Wonda dalam sambutannya mengisahkan bahwa keberhasilan perolehan site yang banyak ini tidak semudah yang dibayangkan. "Jumlah BTS yang banyak  ini bukan datang begitu saja, tapi karena atas perjuangan dan proses negosiasi yang lama. Perjuangan keluar masuk kantor Komisi II DPR RI Tuhan jawab. Terima kasih kepada Fraksi PDI-P Bapak Kamaruddin dan Bapak Yan Mandenas yang bantu kami untuk memperjuangkan ini semua. Masyarakat Puncak Jaya tidak sia-sia dukung hak suara untuk bapak berdua" kenangnya. 

"Pembangunan BTS ini merupakan bentuk kerjasama dan kesabaran seluruh masyarakat Puncak Jaya dimana sebentar lagi kita semua akan menikmati jaringan secara merata" bebernya. Selain itu Bupati mengajak agar Vendor yang terlibat juga melakukan pelibatan kolaboratif bersama masyarakat untuk ikut terlibat meski hanya sekedar menggali pondasi. 

Bupati Yuni pun menegaskan untuk selalu menjaga hasil pembangunan fisik yang telah dilakukan Pemerintah lebih terkhusus program nasional "Saya perintahkan kepada seluruh Kepala Distrik, Kepala Kampung maupun masyarakat dimana saja BTS akan dibangun jaga dan pelihara baik. Harus "pasang badan" karena ini merupakan barang penting untuk mempermudah pekerjaan online terutama untuk anak - anak sekolah. Kita hidup diera milenial dan sudah merupakan tuntutan zaman yang serba modern" tegas Yuni. 

Bupati menegaskan kepada siapa pun yang berani mengganggu ataupun menghalangi pembangunan ini akan berhadapan dengan hukum karena proyek tersebut adalah proyek nasional. 

Bupati menuturkan bahwa dengan kehadiran jaringan ini, orang tua bisa videocall dengan anaknya yang bersekolah di Luar Papua atau dimanfaatkan aparat distrik untuk melaporkan kegiatan pembangunan pada pimpinan nanti. 

"Saya akan pantau hasil pembangunan BTS dengan Video call untuk absen setiap Kepala Distrik. Apakah benar-benar masih didistrik atau masih diluar jadi tidak bisa tipu banyak karena jaringan sudah ada" ujar Bupati dikuti tepuk tangan dan tawa geli hadirin. 

Sementara itu, Dendi Hilmansyah ST selaku Project Manager PT Chakra Tim Implementasi pembangunan menara BTS Kominfo - Bakti Kemitraan IBZ ZTE menyebutkan, dari 257 BTS yang akan dibangun, baru satu yang telah tuntas dibangun di Distrik Waegi.

"Masih ada 256 yang akan dibangun, dan kita targetkan akhir Desember bisa terbangun minimal 61 BTS," sebutnya. (Adv/ProkopimPJ)