Kehadiran Calon Pilot Asal Puncak Jaya, Bukti Nyata Keberhasilan Otsus

Ketua KNPI Puncak Jaya, Temin Enumbi memperkenalkan calon pilot asal Distrik Muara, Joshua Enumbi/dok.ProkopimPJ

MULIAwartaplus.com - Ada yang menarik di tengah acara peresmian Pasar Rakyat Muara, Distrik Muara, Kabupaten Puncak Jaya, Kamis (04/11) lalu. Pasalnya di tengah tengah dialog Bupati Puncak Jaya dengan masyarakat, tampak hadir seorang pemuda gagah berbaju putih dengan lencana wing disayap bersama Ketua KNPI Temin Enumbi. Adalah Joshua Enumbi, putra asli Muara yang kini tengah menyelesaikan studi penerbang sipilnya. 

Di hadapan Bupati dan masyarakat, Ketua KNPI, Temin Enumbi memperkenalkan sang calon Pilot, Joshua Enumbi. Ia merasa bangga dan perlu untuk menyampaikan keberhasilan Pemuda Puncak Jaya dalam berbagai bidang. 

Menurut Temin, dalam proses pengkaderan pemuda selama kepemimpinan Bupati Yuni Wonda cukup banyak yang berhasil. Sebagai kader GIDI sekaligus sebagai generasi muda Muara, dirinya bersama pemuda lain perlu mengambil contoh semangat Bupati dalam mengejar mimpi. 

Ungkap Temin, peran pemerintah Provinsi Papua dan Pemda Puncak Jaya dalam memajukan daerah khususnya aspek pembangunan sumber daya manusia lewat pemberian beasiswa melalui Otonomi Khusus Papua sudah banyak memberikan bukti kemajuan.

Secara gamblang, Temin mengaku bangga lahir dan tumbuh di daerah yang setiap harinya dilalui oleh pesawat terbang untuk masuk ke Mulia, bahkan saat ini ada tiga putra terbaik yang sedang menempuh pendidikan di sekolah penerbangan.

"Kita bisa lihat salah satunya Maikel Wonda yang sudah dahulu menjadi pilot dan menandatangani MOU di Kanada, sedangkan dua lainnya masih status mahasiswa dalam persiapan wisuda yaitu ada Joshua Enumbi dan Levi Telenggen ini," akunya bangga.

Sementara itu, Joshua Enumbi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya dan Provinsi Papua yang telah memberi beasiswa melalui Dana Otsus. 

"Terima kasih kepada Bapak Bupati Yuni Wonda dan Bapak Gubernur Lukas Enembe saya bisa berkesempatan ikut dan menyelesaikan sekolah penerbangan ini. Sangat bermanfaat sekali Dana Otsus ini, karena bagi kami putra putri asli Papua bisa terus menempuh pendidikan sampai ke perguruan tinggi dan bisa menggapai cita-cita. Dan bukan hal yang mudah dan instan," ungkapnya. 

Dirinya menceritakan proses dari rekrutmen dan pendidikan sudah dilaluinya. Banyak suka duka dan ilmu yang diterimanya. 

Joshua berharap kepada para adik-adik dan mahasiswa Papua pada umumnya agar terus bersemangat. 

"Adik-adik yang telah menerima beasiswa agar digunakan sebaik mungkin untuk menyelesaikan kuliahnya, karena kesempatan tidaklah datang dua kali dan kembali lagi ke daerah untuk membangun dan memajukannya," harapnya.

Sementara untuk pemerintah daerah  Provinsi Papua dan Kabupaten Puncak Jaya, Joshua berharap lebih ditingkatkan dan dipantau serta dievaluasi. 

"Jangan sampai putus, sehingga nanti bisa lebih menjangkau lebih banyak lagi penerimanya bagi generasi Papua kedepan," tambahnya.(Adv/ProkopimPJ)