Bupati Puncak Jaya Lantik 469 Pejabat Eselon IV, 70 Persen OAP

Sebanyak 469 Pejabat Eselon IV di lingkup Pemkab Puncak Jaya dilantik di Lapangan Alun alun Kota Mulia, Selasa (31/08)/dok.ProkopimPJ

MULIAwartaplus.com - Sebanyak 469 Pejabat Eselon IV di lingkungan pemerintahan kabupaten Puncak Jaya dilantik, 70 persen merupakan keterwakilan masyarakat asli setempat.

Pelantikan berlangsung di lapangan Alun Alun Kota Mulia, Selasa (31/08) pagi dengan menerapkan prototokol kesehatan (prokes) ketat yang diawasi langsung personil Satpol PP

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.IP, MM selaku PPK didampingi Sekretaris Daerah Tumiran, S.Sos, M.AP selaku Ketua Baperjakat mengambil sumpah janji yang dilanjutkan dengan penyerahan SK secara simbolis kepada sejumlah perwakilan. 

Hadir dalam pelantikan, Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley, S.Sos, M. Si, Wakapolres Puncak Jaya Kompol Irianto Jhon, Pasiter Kodim 1714/PJ Kapt. Inf. Indra Siswanto bersama Ketua KPUD Darius Wonda. Hadir pula Ketua DWP Ny. Manikem, S. Sos, M. AP,  Ketua Klasis GIDI Pdt. Telius Wonda bersama Kepala OPD dan pejabat Eselon II dan III. 

Dalam sambutannya Bupati Yuni mengatakan, pelantikan kali ini berbeda karena dihelat di lapangan terbuka 

“Dilapangan terbuka ini kita resmi melantik pejabat pengawas kurang lebih 469 dengan harapan di usia Kabupaten Puncak Jaya ke 24 tahun kita membutuhkan Aparatur Sipil Negara yang handal terutama pada jabatan administrasi," ungkapnya

Perlu diketahui, sesuai dengan Undang-undang Nomor 5/ 2014 tentang Manajemen ASN, didalamnya terdapat pasal terkait perampingan Jabatan ASN yang mengacu pada Merit System. Bahwa yang dimaksud dengan pejabat ada 3 kelompok. Yang pertama Jabatan Administrasi, Jabatan Fungsional, dan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

"Mereka yang dilantik hari ini adalah jabatan Pengawas yang mulai dengan perlahan-lahan mulai menerapkan aturan manajemen ASN baru," kata Bupati. 

Menarik, karena pejabat yang dilantik ini terpilih dari 2.623 ASN. Bahkan beberapa diantaranya merupakan CPNS yang baru melaksanakan latsar/Diklat prajabatan formasi 2013

"Sehingga mereka punya tugas bagaimana penataan Administrasi yang baik di OPD maupun di distrik dan juga mereka dapat memberikan saran dan pendapat kepada pimpinan dalam mengambil kebijakan untuk pelayanan dalam OPD," sambungnya.

Bupati menerangkan jelang  4 tahun masa kepemimpinannya, mutasi jabatan baik promosi maupun pergeseran adalah hal yang biasa dalam dunia organisasi terutama dunia birokrasi.

"Untuk itu kurang lebih 469 pejabat pengawas yang dilantik hari ini adalah putra putri terbaik yang berasal dari keterwakilan distrik - distrik di Kabupaten Puncak Jaya," jelas Bupati.

Ia menegaskan, dalam pelantikan tidak dibedakan suku, ras agama dan golongan. Bahkan persentase pejabat yang dilantik 70 persen merupakan orang asli Puncak Jaya dan 30 persen non OAP

"Harapan kami siapapun yang mengabdi di tempat ini dia memiliki kemampuan untuk beradaptasi dalam meningkatkan kinerja," harapnya

Bagi yang belum dilantik, Bupati berpesan agar bersabar, karena ke depan akan kembali dilakukan pelantikan untuk putaran berikutnya dengan harapan staf yang ada memenuhi pangkat, golongan, kemudian pengabdiannya akan dipertimbangkan dalam jabatan-jabatan tertentu.(Adv/ProkopimPJ)