BPN Puncak Jaya Genjot Penerbitan 220 Sertifikat Tanah

Kepala BPN Puncak Jaya, Baharuddin Tuharea/dok.Humas PJ

MULIAwartaplus.com - Di momen Hut ke-76 Proklamasi Republik Indonesia, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Puncak Jaya secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada perwakilan masyarakat dalam Program Pemerintah Pusat yakni Pendaftaran Tanah Sistemasis Lengkap (PTSL), yang di Lapangan Alun- alun kota baru Pagaleme, Selasa, (17/08) lalu.

Penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.IP, MM yang didampingi Wakil Bupati Puncak Jaya, Deinas Geley S,Sos, M,Si dan Sekda Tumiran S,Sos, MKP serta Kepala BPN, Baharuddin Tuharea. 

Kepala BPN Puncak Jaya, Baharuddin Tuharea mengemukakan bahwa program tersebut merupakan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat sebagai tindak lanjut dari masih banyaknya problematika di bidang pertanahan.

"Penyerahan sertifikat ini merupakan program PTSL yang merupakan program yang dicanangkan langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, dengan tujuan seluruh tanah yang ada di indonesia segera terdaftar dan bisa meminimalisir problem yang ada" jelasnya.

Baharuddin juga mengapresiasi masyarakat Puncak Jaya yang telah merespon positif dan mendukung jajarannya untuk bekerja sama dalam program PTSL. 

"Tahun ini BPN telah tercatat menerbitkan 220 bidang tanah yang tersebar pada kampung Birakambut dan kampung Wuyuki" bebernya. 

Perlu diketahui bahwa beberapa tahun sebelumnya keberadaan BPN tidak pernah ada di Puncak Jaya karena takut menghadapi persoalan sengketa tanah yang ditakutkan mengancam keselamatan jajaran petugas pertanahan. Hal itulah yang membuat BPN tidak pernah lama bertugas di Puncak Jaya. 

Baharuddin berharap seluruh kampung yang mencakup 302 kampung bisa segera menjalankan program PTSL karena selain mendapat kepastian hukum, dengan adanya sertifikat dapat menjadi peluang masyarakat untuk mendapatkan modal awal jika sekiranya akan dipakai menggarap tanah mereka.

Ditemui terpisah, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda berharap jajaran BPN Puncak Jaya bisa mempertahankan dan terus meningkatkan kinerja yg telah tercapai dan terus berkoordinasi. 

Bupati Puncak Jaya juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Badan Pertanahan. Dirinya mengharapkan agar kinerja dari BPN dapat menjadi contoh bagi instansi vertikal lain untuk lebih meningkatkan pelayanan masyarakat. 

"Selama ini Kabupaten Puncak Jaya, ada masyarakat belum pernah merasakan kepemilikan tanah mereka, tapi kemarin menjadi bukti masyarakat pulang dengan doa dan ucap syukur." ujarnya. (Adv/HumasPJ)