Meriahkan HUT Kemerdekaan, Bupati Puncak Jaya Bakal Berikan Reward Vaksinasi

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM pimpin rapat persiapan Hut RI ke-76/dok.Humas Puncak Jaya

MULIAwartaplus.com - Sama seperti di tahun 2020 lalu, tahun ini Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya kembali meniadakan berbagai perlombaan yang lazim digelar dalam rangka memeriahkan Hut Kemerdekaan RI.

Kebijakan ini diambil mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Meski tidak mengagendakan perlombaan untuk ASN dan juga masyarakat umum, namun sebagai gantinya Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM akan memberikan reward (penghargaan) bagi OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang paling banyak berpartisipasi dalam program percepatan vaksinasi. 

Dengan ketentuan penghargaan akan diberikan kepada personil OPD dengan partisipasi persentase vaksinasi terbanyak.

"Untuk menghindari pengumpulan massa, maka segala jenis lomba menyongsong HUT RI ditiadakan. Sebagai solusi panitia akan melombakan pembuatan gapura merah putih tiap OPD dan Distrik. Selain itu penilaian kebersihan dan kerapihan kantor juga ikut dalam poin penilaian," ungkap Bupati saat memimpin rapat pembentukan panitia Hut Kemerdekaan RI ke-76, di Aula Sasana Kaonak, Rabu (04/08).

Kegiatan rapat dihadiri Wakil Bupati Deinas Geley, S.Sos, M.Si , Kapolres AKBP. Adi Tri Widiyanto S.H. S.I.K, Sekda Puncak Jaya Tumiran, S.Sos, M.AP, Ketua TPP PKK dan Ketua DWP, para pejabat Eselon II dan III, perwakilan TNI Polri dan stake holder

Dikatakan Bupati, berdasarkan surat edaran dari Menteri Sekretaris Negara tanggal 28 Juli 2021, sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19 agar Penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-76 Tahun 2021 di tingkat daerah menyesuaikan dengan kondisi pandemi dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

"Pelaksanaan upacara kali ini tidak seperti sebelum-sebelumnya, termasuk pembentukan kepanitiaan dibatasi dan harus mengikuti edaran,” tukasnya

Bupati juga mengimbau kepada seluruh ASN untuk mendorong percepatan vaksinasi, tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M. Selain itu, untuk masyarakat diwajibkan memasang bendera sebelum tanggal 17 agustus.

"Kita akan bagikan bendera sebanyak 1.000 lembar dan masker OK sebanyak 5.000 lembar untuk antisipasi peserta dan kegiatan resepsi kenegaraan nantinya," terangnya.

Di kesempatan itu Bupati Yuni juga menyinggung terkait gangguan keamanan khususnya distrik Mulia, Pagaleme, Wuyuneri, Irimuli dan sekitarnya

"Sesuai perkembangan situasi terakhir menjadi tanggung jawab semua pihak untuk dapat meredam dan ikut berpartisipasi menjaga situasi kamtibmas di Mulia dan sekitarnya," tegasnya

Senada dengan hal itu Kapolres Puncak Jaya AKBP. Adi Tri Widiyanto meyampaikan pihaknya siap mendukung pelaksanaan kegiatan ini, dan bertujuan untuk mengamankan agar dapat berjalan dengan aman dan lancar.(Adv/HumasPJ)