Kapolres Yapen Hadiri Peringatan Nuzulul Quran 17 Ramadhan di Masjid Al Muttaqin

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi,S.H.,S.I.K menghadiri malam Nuzulul Qur'an 1442 H di Masjid Al-Muttaqin Polres Yapen, Kamis (29/04)/dok.Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi,S.H.,S.I.K menghadiri malam Nuzulul Qur'an 1442 H di Masjid Al-Muttaqin Polres Yapen, Kamis (29/04)

Kegiatan di 17 ramadhan ini juga dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Yapen Frans Sanadi, para pejabat utama Polres Kepulauan Yapen dan personel serta tamu undangan lainnya

Dia awal sambutannya Kapolres Kepulauan Yapen mengajak seluruh jemaah dan tamu undangan yang hadir untuk memanjatkan syukur kepada Allah SWT dikarenakan bulan Suci Ramadhan ini, masih bisa di pertemukan untuk bersama-sama melaksanakan Peringatan Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan 1442 H."

Pada kesempatan yang mulia ini marilah kita tingkatkan kualitas takwa kita, di antaranya dengan berusaha melaksanakan ibadah Ramadhan dengan sebaik-baiknya," ajak Kapolres.

Ia mengatakan, bulan suci Ramadhan adalah bulan yang diberkahi. Terutama karena di bulan Ramadhan ini ada peristiwa agung, yaitu Nuzul al-Qur’an (turunnya kitab suci al-Qur’an). Al-Qur’an ini berfungsi sebagai nur (cahaya), hudan (petunjuk), dan rahmat bagi manusia.

Diantara hikmah berpuasa Ramadhan adalah mensyukuri nikmat Tuhan yang diberikan kepada kita selama ini. 

Karena makna ibadah secara mutlak, termasuk ibadah puasa, adalah ungkapan syukur dari seorang hamba kepada Tuhannya atas nikmat-nikmat yang telah diberikan kepadanya. Sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an, bahwa kita tidak akan dapat menghitung nikmat Tuhan (QS. Ibrâhim [14]: 34)," ungkap kapolres

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Yapen dalam sambutannya menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat muslim di kabupaten Kepulauan Yapen. 

Ia mengatakan, ada dua pokok yang menjadi harapan bersama melalui peringatan Nuzulul Qur’an yaitu terwujudnya peningkatan keimanan dan ketaqwaan umat muslim di Yapen terhadap ajaran Nabi Muhammad SAW yang di amanatkan dalam kitab suci Alquran serta terjalin terus tali silaturahmi yang kuat baik itu antar sesama umat muslim maupun dengan komponen masyarakat lainnya di tengah kehidupan bermasyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen. 

"Marilah kita jadikan peringatan Nuzulul Qur’an ini sebagai momentum pemersatu bangsa, terus bergandengan tangan, hidup rukun dan memelihara indahnya warna warni kebhinekaan yang selama ini telah menghiasi tatanan kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen," ajak Wakil Bupati.

Meskipun saat ini, lanjutnya, muncul berbagai gejolak yang ada di tanah papua baik itu isu radikalisme, rasisme dan lain sebagainya, namun ia mengimbau kepada seluruh lapisan elemen masyarakat di kabupaten yapen agar tetap solid dalam persatuan, tidak mudah terpengaruh bahkan terprovokasi akan berbagai isu-isu yang berkembang. 

Kegiatan peringatan Nuzulul Quran digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker dan menjaga jarak.**