Bank Papua dan DPMK Puncak Jaya Salurkan BLT Tahap 2 Zona III

Dana kampung/BLT tahap 2 Zona III mulai disalurkan dan diterima langsung oleh para Kepala kampung/dok.Humas Puncak Jaya

MULIAwartaplus.com - Dana Kampung/ BLT tahap II (dua) di zona III Kabupaten Puncak Jaya mulai disalurkan. 

Penyaluran Dana BLT  dipusatkan di Distrik Fawi  yang mana mencakup 3 Distrik, yakni Distrik Fawi, Distrik Torere, dan Distrik Dagai. Penyaluran berlangsung aman dan lancar dengan pengawalan aparat keamanan TNI Polri, Jumat, (4/12).

Hadir dalam penyaluran tersebut, mewakili Pemerintah Daerah selaku Kabid Pengawasan dan Pengendalian Program Pembangunan Kampung DPMK, Noap Baminggen, perwakilan Inspektorat, dan sejumlah Anggota DPRD dari Dapil Fawi.

Rombongan menuju Distrik Fawi menggunakan pesawat dari Kota Mulia, ibukota kabupaten Puncak Jaya 

Serta dihadiri pula Kepala Distrik Fawi Iwan Rumbino, S.STP, M.Si dan Kepala Distrik Torere Atias Kogoya bersama Kepala Distrik Dagai Yohanes Deitai. Instansi penyalur hadir dari Bank Papua Cabang Cabang Mulia yang juga selaku Koordinator lapangan, Randi Longe, ST dan jajaran staf. 

Noap Baminggen selaku Kabid DPMK mengapresiasi seluruh kelompok yang telah bekerja sama dalam penyaluran BLT tahap III itu. 

"Hari ini merupakan penyaluran BLT Dana Desa zona III yang merupakan penyaluran terakhir dalam tahap 2," ucapnya. 

Ia menambahkan, jika kedepan tidak ada kendala teknis, maka secepatnya pemerintah akan segera turun lapangan menyalurkan BLT tahap 3. 

Korlap Bank Papua cabang Mulia, Randi menekankan, agar ketentuan syarat administrasi tetap harus diutamakan. 

"Namun semua tentu punya mekanismenya, dan yang paling penting ialah adanya LPJ yang ditindaklanjuti dengan surat rekomendasi dari Dinas/Badan yang terkait dalam hal ini ialah DPMK. Selain itu harus dilanjutkan dengan kelengkapan berkas para kepala kampung sebelum verifikasi pencairan dana," paparnya 

Di kesempatan itu, ia mengapresiasi kepala distrik maupun kepala kampung yang telah terlebih dahulu melengkapi berkas persyaratan, sehingga proses penyaluran kali ini bisa berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditargetkan

Sebagai informasi penyaluran BLT tahap 2 zona III hari ini telah dibayarkan ke 27 kampung dari 31 kampung yang berhak menerima. Adapun 4 kampung yang masih ditangguhkan dikarenakan para kepala kampung yang bersangkutan tidak berada ditempat. Sesuai aturan bahwa untuk penyaluran BLT ini tidak bisa diwakilkan. 

Aberies Gire selaku kepala kampung Hako mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah atas pencairan BLT Dana Desa tahap 2 ini. 

"Kami berharap penyaluran bantuan kedepannya tetap dipertahankan dengan mekanisme seperti sekarang yakni langsung ke distrik - distrik, karena kami sebagai masyarakat sangat terbantu dan tidak terlalu terbebani dengan kendala - kendala yang bisa menghambat seperti tranportasi dan biaya apabila penyaluran bantuan dipusatkan di Kota Mulia" katanya. (Adv)