Puncak Jaya Terima Penghargaan WTP, Bupati Akui Siap Tingkatkan Kualitas

Pemberian penghargaan WTP oleh Plt Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa kepada Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, Selasa (27/10)/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com - Sebagai bentuk reward dan perhatian Pemerintah Provinsi Papua selaku perpanjangan tangan Pemerintah pusat di daerah serta Kementerian Keuangan, dilakukan Pemberian penghargaan Pemerintah RI atas pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan penandatanganan Nota Kesepahaman Peningkatan Kualitas Pengelolaan Negara/Daerah berlangsung di Hotel Aston Jayapura, Selasa (27/10).

Dalam momen bahagia tersebut tetap dilakukan dengan mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan yakni menggunakan masker dan jaga jarak. 

Pemberian penghargaan merupakan tindaklanjut atas penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan (LHP) atas Laporan Kinerja Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 oleh BPK RI Provinsi Papua, 24 Agustus lalu. 

Salah satu Kabupaten yang sukses melakukan pencapaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah Kabupaten Puncak Jaya setelah 6 tahun lamanya terbuai dengan predikat disclaimernya. 

Penyerahan plakat penghargaan diserahkan Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Doren Wakerkwa SH yang diterima langsung Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM.

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda dalam kesempatan tersebut mengaku bangga atas penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah RI kepada 17 Kabupaten dan 1 kota dilingkungan Pemerintah Provinsi Papua dalam upaya memajukan pengelolaan keuangan daerah yang tertib dan transparan menuju good governance. 

Menurutnya hal itu tidak terlepas dari pertolongan Tuhan YME serta kerja keras dan kemauan jajarannya dalam melakukan tata kelola keuangan dan pelaporan administrasi keuangan daerah. 

"Hanya dalam kurun waktu 3 tahun, sedikit demi sedikit berhasil membawa Puncak Jaya berubah dari daerah yang lengkap dengan berbagai kesulitan menjadi kabupaten yang sukses. Hal itu terbukti dari deretan pencapaian dan penghargaan yang diberikan yang datang dari berbagai sektor," ungkap Bupati Yuni. 

Menurutnya, tentu bukan hal yang mudah, kendati dihadapkan pada berbagai persoalan kesulitan daerah dan tantangan yang datang. Ia namun ia yakin dan optimistis bahwa dengan  komitmen pada Visi Misi Amanah (Aman, Mandiri dan Sejahtera) adalah jalan keluar bagi segala persoalan daerahnya. Selain itu, lanjut Yuni, penghargaan adalah menjadi kado yang manis bagi Puncak Jaya yang tanggal 8 Oktober lalu genap berusia 24 Tahun. 

Masih ditempat yang sama dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan Daerah antara Pemda dan Kementerian Keuangan serta Pemprov Papua.

 Dalam kesempatan itu Bupati Puncak Jaya mengakui bahwa MOU tersebut merupakan tantangan bagi dirinya bersama jajarannya kedepan untuk lebih meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah. Dirinya bersama jajarannya mengaku siap berkomitmen untuk mengemban tanggung jawab yang diberikan kepada negara apalagi untuk memajukan Kabupaten Puncak Jaya kedepan. (Adv)