TMMD Ke-109 Kabupaten Puncak Jaya Dipusatkan di Nioga dan Mulia

Dandim 1714/PJ Letkol inf. Rofi Irwansyah, S.IP, M.Si/dok.Humas Puncak Jaya

MULIAwartaplus.com - Sebagai salah satu bukti kemanunggalan TNI dengan rakyat, Kodim 1714/PJ gelar program TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ke-109. Program TMMD merupakan bentuk Operasi Bhakti TNI dalam membantu masyarakat dengan bersinergi bersama Pemerintah daerah setempat dan Polri 

Kegiatan TMMD resmi dibuka oleh Plt (pelaksana tugas) Sekda Kabupaten Puncak Jaya, Tumiran, S.Sos, M.AP, bertempat di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Selasa (22/9).

Pembukaan TMMD ke-109 ditandai dengan penyerahan secara simbolis alat kerja dilanjutkan penandatanganan berita acara Program TMMD ke-109 TA 2020, oleh Plt Sekda Kabupaten Puncak Jaya Tumiran, S.Sos, M.AP kepada Dandim 1714/PJ Letkol inf. Rofi Irwansyah, S.IP, M.Si. 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Puncak Jaya Zakarias Telenggen, Kapolres AKBP Mikael Suradal,  serta para pimpinan Satgas TNI, Kepala Distrik dan Kepala Kampung, perwakilan tenaga medis, Ormas, dan para pimpinan OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Puncak Jaya.

Dandim 1714/PJ Letkol inf. Rofi Irwansyah, S.IP, M.Si menyampaikan, Program TMMD ke-109 TA. 2020 akan dipusatkan di Distrik Nioga dan Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya dan dimulai pada 22 September hingga 21 Oktober 2020.

“TMMD akan melakukan Pembangunan satu unit Balai Penyuluhan KB di Distrik Nioga dan merehab 1 unit GOR PBSI Kabupaten Puncak Jaya Distrik Mulia Kampung Pruleme," ungkap Dandim Rofi. 

Selain itu akan ditambah dengan sasaran non fisik berupa penyuluhan Covid-19 yaitu kampanye 3 M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan. 

"Kita juga akan melakukan pembagian masker, penyuluhan Covid-19 dan Pola Hidup Sehat serta pembagian sembako kepada masyarakat penerima bantuan yang berhak," terangnya. 

Letkol Rofi mengungkapkan kesiapan dan kekuatan personil yang dilibatkan dalam pelaksanaan TMMD. Pihaknya mengorganisasikan personil dalam susunan tugas Satuan Setingkat Kompi (SSK) dengan kekuatan personel sejumlah 150 orang didampingi tenaga pendukung.

Pemda Terimakasih

Sementara itu Bupati Puncak Jaya melalui amanat yang dibacakan Plt. Sekda Kabupaten Puncak Jaya mengungkapkan bahwa, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Puncak Jaya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran Kodim 1714/Puncak jaya pada khususnya dan personil TNI penugasan pada umumnya. 

"Karena selain memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengamankan Puncak Jaya, TNI juga turut andil membantu pembangunan," kata Tumiran

Oleh karena itu, Tumiran mengajak semua warga terlebih khusus aparat pemerintah dan masyarakat Distrik Nioga dan Mulia untuk memberi dukungan penuh dan turut berpartisipasi pada pelaksanaan TMMD di wilayahnya

Diharapkan, keterlibatan dan partisipasi dari semua komponen masyarakat ikut serta mengambil bagian dalam pembangunan, 

"Karena apa yang dikerjakan adalah sebuah wujud pengabdian dan bhakti untuk negeri, semata-mata bertujuan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," ujar Tumiran

Tumiran juga mengucapkan selamat bertugas kepada personil Kodim 1714/Puncak jaya bersama semua pihak yang ambil bagian dan menghimbau agar tetap melaksanakan protokol kesehatan pada pelaksanaan TMMD tahun ini.(Adv)