Kontak Tembak Terjadi di Intan Jaya, Jubir TPNPB-OPM: Persiapan Sejak Subuh

Anggota TPNPB-OPM sedang memegang senjata sedang lainnya mengibarkan bendera bintang kejora/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com- Pasukan TPNPB-OPM telah lakukan serangan di depan kantor Bupati Intan Jaya, Rabu (23/9) siang. Ini diungkapkan Juru Bicara Komando Nasional (Komnas) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM),

“Pukul 9.40 waktu Papua terjadi baku kontak tembak  dengan anggota TNI-Polri di Sugapa, Ibu Kota Kabupaten Intan Jaya-Papua. Undius Kogoya  sebagai komandan lapangan,”ujar Seby. Diungkapkannya, Undius Kogeya melaporkan bahwa pasukan sudah mengambil posisi dan ada di dalam kota dari subuh.

“Serangan ini TPNPB Kodap XVIII Kemabu Intan Jaya dibawah Komando Wakil Panglima Sabinus Waker Bertanggungjawab,”ujar  Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom.

Seperti diberitakan sebelumnya kontak senjata antara aparat keamanan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibenarkan Dandim 1705/Paniai Letkol Inf. Benny Wahyudi, saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Rabu (23/9) siang, membenarkan kejadian itu. "Iya betul ada kontak senjata dengan KKB di tengah kota Sugapa," ujar Dandim. Kontak senjata di Sugapa pada hari ini terjadi di dua titik, yaitu di depan Kantor Bupati Intan Jaya dan Pasar Sugapa.

Benny pun memastikan kejadian tersebut tidak sampai membuat jatuhnya korban. Bahkan kata dia, aksi saling tembak tersebut, dimulai oleh KKB yang terlebih dahulu melepaskan tembakan. "Mereka hanya ingin menganggu. Sejauh ini tidak ada korban jiwa," kata dia.*