Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Korban Insiden Hely

Evakuasi kru heli oleh Tim SAR Gabungan/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com  -  Tim evakuasi yang menggunakan helikopter Airfast bantuan dari PT. Freeport Indonesia dari Bandara Moses Kilangin Timika menuju TKP Helikopter PK USS di Kali Degeuwo Kabupaten Paniai kemudian melakukan pemetaan lokasi dan mengevakuasi korban di TKP, Sabtu (19/9)  sekitar pukul 06.00 WIT

Sekitara pukul 10.30 Wit bertempat di Bandara Aturure Douw Nabire, tiba korban insiden helikopter PK USS Milik PT. NUH di Kali Degeuwo Kabupaten Paniai dalam keadaan selamat.  Ini diungkapkan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, Minggu  (20/9).

Pukul 9.45 WIT Helly Air Fast milik PT. Freeport dengan register PK-ZGR landing di Helly Pad KM 100 Distrik Siriwo Kabupaten Nabire dengan mengevakuasi dua  crew Helly milik PT. NUH Register PK-USS dan langsung dilakukan pertolongan pertama oleh tim medis kepada Endi Nawalaga dan Erik Kurniawan

Pukul 10.30 WIT Helly Air Fast milik PT. Freeport dengan register PK-ZGR landing di Helly Pad KM 100 Distrik Siriwo Kabupaten Nabire dengan mengevakuasi 1 (satu)) crew Helly milik PT. NUH Register PK-USS An. Muh Aswar Jamal (HLO) dan langsung dilakukan pertolongan pertama oleh tim medis.

“Perlu diketahui bahwa kejadian ini berawal pada hari Kamis tanggal 17 September 2020 sekitar pukul 10.30 WIT, Hely PK USS milik PT. NUH (Nasional Ultility Helicopter) dari Kilometer 100 hendak menuju 99 Kampung Ndeotadi Kabupaten Paniai dengan membawa bahan makanan, dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam. Pukul 10.57 Wit, Hely PK USS milik PT. NUH (Nasional Ultility Helicopter) hilang kontak dengan posisi terakhir berada di koordinat 3:33.3 S,136:9.28 E at last report.

Pukul 15.35 WIT, tim gabungan TNI/Polri, Basarnas serta pihak Hely melakukan pencarian dengan menggunakan Pesawat Caravan SNK Tipe C 208 di titik koordinat.

Pukul 16.00 WIT, Upaya Pencarian terus dilakukan dengan berputar disekitar lokasi kejadian. Karena cuaca yang tidak bersahabat dimana awan tebal menyelimuti daerah tebing dan hari mulai gelap sehingga pencarian dihentikan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan bahwa kini ketiga Korban Insiden Helikopter PK USS BELL 212 An. Erik Kurniawan, Endi Nawalaga dan Aswar Jamal di Kali Degeuwo Kabupaten Paniai dinyatakan dalam keadaaan selamat dan sementara mendapatkan penanganan medis di RSUD