Diusung Delapan Partai Politik, Markum-Malens Siap Bertarung di Pilkada Keerom

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Keerom, Muhammad Markum dan Malensisus Musui ketika mendaftarkan diri di KPUD Keerom/Istimewa

KEEROM,wartaplus.com – Setelah diusung Delapan Partai Politik, untuk maju dalam pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Keerom 2020-2025, Muhammad Markum dan Malensius Musui akhirnya mendaftarkan diri ke Kantor KPU Keerom sebagai pasangan Calon-Bupati dan Wakil Bupati, Sabtu (5/9) siang.

Ketua KPU Kabupaten Keerom Melilanus Gobay ketika di wawancarai mengungkapkan saat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Muhammad Markum dan Malensius Musui mendaftarkan diri masih ada kekeurangan yang harus dilengkapi baik dari syarat pencalonan dan calon.

Menurut Ketua Gobay syarat Pencalonan yang harus satu pasangan dilengkapi satu pasangan calon ini yakni administras dari salah satu partai pengusung, sedangkan syarat calon terdapat kekurangan laporan yakni surat pemberitahuan tahunan wajib pajak.

“Untuk Syarat Calon terdapat perbendaan surat dari partai Berkarya, sedangkan syarat calon yang harus dilengkapi yakni SPT Tahunan dari Pajak. Untuk perbaikan serta melengkapi ini diberikan waktu hingga tanggal 6 september 2020, pukul 24.00 WIT,” cetusnya, ketika di wawancarai wartawan, Sabtu (5/9) malam.

Sementara itu Calon yang juga kini masih menjabat sebagai Bupati Keerom, Muhammad Markum menuturkan timnya secepatnya akan melengkapi dua syarat Administrasi dan menyerahkan kepada KPUD Keerom sesuai batas waktu yang diberikan. “Rencanya Besok (hari ini red) berkas syarat calon dan pencalona yang belum lengkap kami akan lengkapi dan kami serahkan sebelum pukul 24.00 WIT,” bebernya.

Uniknya dalam pendaftaran di Kantor KPUD Keerom, pasangan Incampent ini mencuri perhatian, pasalnya Bakal Calon Wakil Bupati Malensius Musui mendaftarkan diri menggunakan pakaian adat Keerom. Yang mana Malen sapaan akrab calon Wakil Bupati mengenakan baju kaos tanpa lengan, wajah dihiasi lukisan khas Papua, celana panjang hitam di lipat setengah hingga menyerupai celana setengah tiang dan menggunakan sandal jepit, tidak lupa Melan memakai topi adat khas Keerom.

Sementara pasangannya, Muhammad Markum berpakaian Formanl Kemeja Panjang Putih dan Celana panjang Hitam, dengan hiasa kepala mahkota Cenderwasih. Usai mendaftar diri di Kantor KPUD Keerom hingga pukul 21.00 WIT. Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Muhammad Markum dan Malensius Musui, yang diusung partai Politik PKB,PKS, Garuda, Gerindra, Hanura, Demokrat, Berkarya dan Partai Perindo, langsung menggelar deklarasi dan meresmikan kantor secretariat pemenangan di Kawasan Arso II.

Selama Proses pendaftaran pencalonan di Kantor KPUD Keerom, semua tahapan berjalan lancer meski telah berhembus informasi akan adanya aksi blockade yang mengahalangi pendafaran pasangan calon Markum-Malen di Kantor KPUD.
Dalam proses pengamanan guna mengantisipasi aksi gangguan Kamtibmas jelang proses pendaftaran Kepolisian Resor Keerom menerjunkan sediknya 250 personil serta tiga kendaraan taktis.

“Untuk perkuatan personi; dari Polres Keerom kami libatkan 160 personil, dan kami pun mendapatkan bantuan BKO dari Polda Dan Brimob, sehingga total anggota yang melakukan Pam pengamanan sebanyak 250 orang,”ujar Wakapolres Keerom Kompol Martha S Tolau ketika diwawancarai.