Bupati Puncak Jaya Paparkan Pencapaian Visi Misi ‘Amanah’

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda S.Sos,SIP,MM/dok.Humas Puncak Jaya

MULIA, wartaplus.com -  Di masa kepemimpinannya yang hampir memasuki usia tiga tahun (sejak Desember 2017), Bupati Puncak Jaya, Yuni WondaS.Sos, S.IP, MM bersama Wakil Bupati Deinas Geley, S. Sos, M. Si mengklaim telah memenuhi sebagian dari visi misi “Amanah” yakni  Aman, Mandiri dan Sejahtera

Ini disampaikannnya saat memimpin rapat evaluasi kinerja semesteran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, belum lama ini.

Dari aspek Aman, menurut Bupati sangat relatif dan masih berjalan (on going), situasi kamtibmas masih kondusif dan terkendali.

Sedangkan dari aspek kemandirian, Bupati mengaku sebagian diantaranya telah terpenuhi. Dimana ketergantungan masyarakat untuk mengharapkan bantuan pemerintah sudah berkurang. Sikap ketegasan finansial tersebut dilakukan demi mengurangi ketergantungan penuh masyarakat kepada Pemda.

“Pencapaian diperoleh dari upaya maksimal masyarakat untuk menggali sumberdaya alam seperti berkebun dan memanfaatkan lahan untuk keperluan sehari – hari,” ungkap Bupati.

Lalu dari aspek kesejahteraan, ungkap Bupati Yuni, dapat dilihat dalam 2 tahun terakhir dengan peningkatan daya beli masyarakat yang tetap mengandalkan sumberdaya alam dan tidak bergantung kepada beras lagi.

Menurut Bupati Yuni, pencapaian positif ini, tentu tidak terlepas dari peran aktif Plt. Sekda, Para Asisten dan staf ahli Bupati dan jajaran serta beberapa Kepala OPD yang proaktif dan inovatif untuk menyelesaikan masalah dengan kerja nyata dan membangun komunikasi dan koordinasi baik secara internal maupun eksternal.

Di kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakehoder baik Pemda, TNI, Polri dan seluruh masyarakat yang sukses menyelenggarakan Upacara Ulang Tahun Proklamasi Ke 75 Kemerdekaan Indonesia dengan aman dan lancar.

“Situasi keamanan dan kamtibmas di Puncak Jaya dalam keadaan kondusif sesuai dengan laporan dari aparat keamanan. Hal itu adalah berkat terbesar yang harus disyukuri,” ucapnya

Dia mengimbau, seluruh jajaran Kepala Distrik bersama masyarakat agar tetap semangat untuk meningkatkan kinerjanya. Tidak mudah terprovokasi dan dipengaruhi isu – isu tdk bertanggung jawab dan hoax.

Menyambung dengan pencapaian visi misi Bupati, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Aletius Tabuni, S.Pd membenarkannya

“Setelah terjun langsung ke Distrik, kami melihat pertumbuhan ekonomi sudah mulai merangkak naik munculnya usaha ekonomi mikro dan kecil disepanjang jalan Trans Wamena  - Mulia,” ungkapya

“Selain itu ditengah masyarakat dari adanya rasa aman dan nyaman serta tersedianya infrastruktur jalan yang memadai serta dorongan pemda untuk mulai meningkatkan produktifitas hasil pangan lokal (berkebun) selama masa pandemic Covid-19 sangat nyata dilapangan, hasil bumi dari hasil kebun sangat melimpah” ungkapnya lagi.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP yang membuka rapat evaluasi menekankan OPD terkait dampak Covid-19 pada Anggaran maupun Dana Transfer ke Daerah yang tidak akan sama seperti tahun tahun sebelumnya.

“Oleh karena itu Kabupaten Puncak Jaya sebagai salah satu daerah yang tidak memiliki penerimaan mandiri, agar ke depan dalam penyusunan APBD 2021 harus lebih realistis terutama dari aspek belanja,”  tekannya.(Adv)