Upacara Peringatan Hut ke-75 Republik Indonesia di Puncak Jaya

Upacara detik detik proklamasi Hut ke-75 Repbilik Indonesia di kabupaten Puncak Jaya/dok.Humas Puncak Jaya

MULIA, wartaplus.com - Upacara peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia, tahun ini di Kabupaten Puncak Jaya digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Karena pandemi covid 19, upacara yang biasanya mengundang masyarakat untuk berpartisipasi kini harus berlangsung dengan peserta terbatas.  Aturan protokol yang ada menjadi alasan perayaan rutin tahunan dihelat sederhana, khidmat, singkat dan sesimpel mungkin.

Di HUT kali ini, diputuskan untuk tidak menggelar resepsi kenegaraan maupun lomba - lomba yang kerap ramai jelang peringatan HUT kemerdekaan. Selain itu, upacara peringatan HUT RI yang biasa dilaksanakan di Distrik - distrik tahun ini ditiadakan.

Tahun ini selaku panitia pelaksana adalah Polres Puncak Jaya. Dimana upacara detik detik proklamasi dimulai pukul 10.00 WIT di Lapangan Alun-alun Kota Baru Pagaleme, Senin (17/8).

Secara teknis, upacara pengibaran berjalan lancar dan khidmat. Petugas Upacara dipercayakan selaku Komandan Upacara pengibaran Lettu Dharmawansyah dan Perwira Upacara AKP. Lambertus (Kapolsek Mulia), sedangkan bertindak sebagai Inspektur upacara, Bupati Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM dihadapan ratusan peserta Upacara yang berasal dari Kesatuan Raider 900, 753/AVT, Kodim 1714/PJ, Polres PJ, Brimob, ASN, Instansi Verikal, BUMN/BUMD, Kepala Kampung, Ormas, Sekolah Alkitab, Siswa/i SMP, SMU dan SMK Se Kota Mulia.

Dari tenda kehormatan hadir Muspida yakni Ketua DPRD Zakarias Telenggen, Kapolres PJ AKBP. Mikael Suradal, MM, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Rofi Irwansyah, Plh. Sekda Mulyadi, S.Sos, M. AP, M. KP, Para Asisten Sekda, Para Staf ahli, Pejabat Eselon II, III dan para Kepala Distrik dengab mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yakni menggunakan masker dan menjaga jarak.

Berbeda dari tahun sebelumnya, upacara Hari Kemerdekaan dan Pengibaran Bendera Merah Putih hanya melibatkan 7 orang anggota paskibra. Dan tidak ada pengukuhan Paskibra tahun ini. Namun kami siap melaksanakan tugas dan amanat untuk kesuksesan Upacara.

Suasana khidmat nampak terlihat dalam upacara pengibaran Bendera Merah Putih hal berbeda dalam pelaksanaan upacara pada hari ini yakni Dalam pelaksanaan Pembacaan teks Proklamasi yang dibacakan oleh Ketua DPRD Zakaria Telenggen dan Doa yang dibawakan Kepala Kantor Kementerian Agama Puncak Jaya.

Selepas upacara Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda S.Sos, S.IP, MM dalam jumpa pers meyampaikan puji syukur sebab upacara boleh berlangsung dengan baik dan aman serta kondusif.

“Usia 75 tahun adalah usia yang cukup matang. Peningkatan kemajuan daerah semua harus bersandar kepada aturan dan sesuai protokol kesehatan, mulai pake masker dan jaga jarak,” ujar Yuni

Dia menambahkan, harapan kedepan yakni tanggung jawab daerah harus menjadi tanggung jawab semua pihak mulai anak sekolah, TNI Polri, ASN, ormas harus ikut mengisi dan menjaga pembangunan, bukan hanya tanggung jawab pimpinan

“Pembangunan dan pemerintahan harus terus berjalan” serunya.(Adv)