Personil Polres Biak Berpatroli dengan Menggunakan Sepeda Sampaikan Pesan Kamtibmas

Patroli bersepeda Polres Biak Numfor saat menyambangi salah satu kantor perbankan di kota Biak, Senin (13/7)/dok.Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com –Di tengah pandemi covid-19, Personil Polres Biak Numfor terus melakukan berbagai upaya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Salah satunya dengan melakukan kegiatan Patroli sambil berolahraga sepeda yang dilakukan personil Unit Dalmas Satuan Samapta.

Kasat Samapta AKP Erlan Sugianto, SH dalam kesempatannya mengatakan, untuk  menjaga situasi kamtibmas merupakan salah satu tugas pokok kepolisian, salah satunya dengan rutin melakukan giat patroli.

Namun kali ini, patroli yang dilakukan sedikit berbeda dari biasanya, yaitu menggunakan sepeda sembari  mengatur situasi lalulintas di jalan yang ramai pengendara, memberikan pesan kamtibmas serta menyampaikan himbauan protap kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 bagi  masyarakat.

“Kami melakukan patroli, star dari Mapolres lanjut patroli jalan Selat Makasar, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Iman Bonjol, Jalan Selat Karimata dan sekaligus menyambangi Satpam BRI Cabang Biak Kota, patroli menggunakan sepeda, jadi sambil mengawasi situasi kamtibmas sambil kami berolahraga,” urai Erlan.

Lanjut dijelaskan, tujuan patroli sepeda ini adalah  untuk mencegah dan mendeteksi potensi gangguan kamtibmas serta memberikan rasa aman bagi masyarakat, hemat energi, dan pasti menyehatkan karena berpatroli sambil berolahraga, sekaligus mempererat kemitraan antara Polisi dengan masyarakat.

“Kita bisa lebih dekat dengan masyarakat, agar masyarakat bisa merasakan kehadiran polisi ditengah-tengah mereka, dengan adanya patroli seperti ini semoga bisa menekan angka kriminalitas di Biak Numfor, sehingga masyarakat lebih nyaman,” jelasnya.

Selain itu Patroli bersepeda ini juga menjadi ajang sarana berolahraga bagi para anggota dan menunjukan kepada masyarakat bahwa dengan bersepeda bisa menyehatkan tubuh, terlebih di situasi pandemi covid-19, tubuh harus tetap bugar.**