Duh, Dalam Sehari Bertambah 30 Kasus Positif COVID-19 di Papua

Juru Bicara Satgas penanganan COVID-19 Papua, Silwanus Sumule saat memberikan keterangan pers di Kota Jayapura/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Jumlah warga yang terjangkit virus corona atau COVID-19 di Papua terus mengalami peningkatan setiap harinya. Jika sehari sebelumnya berjumlah 210 kasus, hari ini, Sabtu (2/5) meningkat menjadi 240 kasus.

“ Hari ini tambah 30 kasus positif, maka dengan demikian maka jumlah kasus positif di Provinsi Papua menjadi 240 kasus. Dirawat 174 orang, sembuh 59 orang, dan meninggal 7 kasus,” kata Juru Bicara Satgas penanganan COVID-19 Papua, Silwanus Sumule kepada pers di Kota Jayapura, Sabtu  malam.

Tambahan 30 kasus baru ini terjadi di dua daerah, yakni Kabupaten Mimika dan Kota Jayapura.

“ Penambahan 30 kasus berasal dari Kabupaten Mimika 20 kasus dan Kota Jayapura 10 kasus,” sebut Sumule.

Selain jumlah positif yang meningkat, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan juga ikut meningkat. Dimana jumlah ODP sebanyak 2.275 orang dan PDP 310 orang.

“ Jika sehari sebelumnya PDP kita 240 orang, hari ini bertambah 70 orang sehingga menjadi 310 orang. Sementara ODP kita dari 2.068 bertambah 207 kasus sehingga menjadi 2.275 kasus,” bebernya.

Sumule mengungkapkan, tambahan kasus yang meningkat menunjukan bahwa tenaga medis di kabupaten/kota di Papua bekerja keras untuk menemukan sedini mungkin kasus ini.

“ Hal pertama yang harus dicatat bahwa peningkatan kasus ini menunjukan bahwa tenaga medis kita serius berusaha menemukan kasus sedini mungkin. Kedua, petugas kesehatan kita sudah menjalankan fungsi surveilance sedini mungkin dan langsung memberikan treatmen dan menemukan pasien untuk dirawat,” ungkapnya.

Tenaga Medis Bekerja Keras

Meski begitu, Sumule menyampaikan bahwa peningkatan angka ini menunjukan bahwa tenaga medis harus bekerja keras menyelesaikan COVID-19 di Provinsi Papua.

“ Kita juga himbau kepada masyarakat untuk menjalankan himbauan pemerintah terapkan social distancing dan physical distansing, selalu menjaga jarak dan tidak usah keluar rumah supaya tidak ada penyebaran yang lebih meluas karena saat ini sudah terjadi penyebaran lokal di Papua,” pesannya.

Sementara itu, rincian penyebaran visur corona atau COVID-19 di Papua diantaranya, Kabupaten Mimika 87 kasus, Kota Jayapura 54 kasus, Kabupaten Jayapura 36, Nabire 16 kasus, Merauke 13 kasus, Biak 11 kasus, Keerom 10 kasus, Sarmi 4 kasus, Jayawijaya 3 kasus, Mamberamo tengah 2 kasus Boven Digoel 2 kasus dan Supiori 2 kasus.**