Wali Kota Jayapura : Besok Rapid Test Pedagang Sayur Keliling, Hari Jumat Pedagang Ikan

DR. Benhur Tomi Mano, MM/wartaplus.com

 

JAYAPURA,wartaplus.com - Di tengah wabah pandemi Covid-19 saat ini, perdagangan sayur serta ikan  keliling tetap dapat beraktivitas di luar rumah, tidak hanya karena kebutuhan pedagangnya saja untuk mendapatkan rupiah. Namun, banyak pula masyarakat yang memilih membeli dari pedagang sayur keliling maupun ikan sebagai alternatif berbelanja karena tidak perlu jauh ke luar dari rumah.

Banyaknya kontak dengan masyarakat membuat Wali Kota Jayapura DR Benhur Tomi Mano meminta kepada pedagang sayur dan ikan keliling di Kota Jayapura untuk melakukan rapid test. Wali Kota Jayapura memastikan, Kamis (30/4) dilakukan rapid test buat pedagang sayur keliling sedangkan, hari Jumat (1/5).

“Dari data yang saya peroleh jumlah pedagang sayur keliling di 4 distrik ada 124 orang dan penjual ikan keliling 133 orang. Mereka ini selalu melakukan kontak setiap hari  dengan pembeli dan kalau mereka semua sehat saya senang. Tidak ada ada istilah mereka itu OTG atau OPD,   saya saja periksa, wartawan juga harus periksa. Intinya untuk memutus mata rantai virus ini,”ujarnya kepada jurnalis via WhatsApp Group (WAG), Rabu (29/4) pagi.

Surat edaran rapid test/Istimewa

Surat edaran untuk rapid test kepada para pedagang sayur dan ikan keliling  juga sudah beredar di berbagai WAG ditanda tangani Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Roberth LN Awi. Dalam surat tersebut rapid tes akan dilakukan di Lapangan Apel Kota Jayapura.

“Untuk tidak terjadi penumpukan itulah maka hari Kamis dilakukan rapid test buat pedagang sayur keliling dan Jumat bagi pedagang ikan,”ujar Wali Kota Jayapura.*