Bupati Puncak Jaya Lanjutkan Sosialisasi dan Bagi Sembako ke Tiga Distrik

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda bersama rombongan Muspida mengunjungi tiga distrik untuk membagikan sembako dan sosialisasi pencegahan virus corona, Sabtu (25/4)/dok.Humas Puncak Jaya

MULIAwartaplus.com - Sebagai lanjutan untuk mengupayakan kesiapan dan ketangguhan Daerah dalam menghadapi pandemi Covid 19, Bupati Puncak Jaya, beserta rombongan Muspida, TNI dan Polri berkunjung ke Distrik Dokome, Yamo, dan Kiage, Sabtu (25/4).

Kunjungan ini sebagai wujud nyata yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan bentuk kepedulian di tengah situasi pandemi Covid-19 Pemerintah Daerah berkunjung langsung ke Distrik-distrik untuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terkena dampak lockdown akibat Covid-19. 

Pandemi Covid-19 yang telah menyebar keseluruh dunia membuat masyarakat sangat resah dan tentu memunculkan sosial fobia (rasa takut dan rasa tidak nyaman) bagi warga setempat untuk beraktivitas diluar rumah. Masyarakat sangat bergantung kepada mata pencaharian yang mengharuskan kontak dengan orang lain

Selain memberikan sembako, dalam kunjungannya Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda S.SOS, S.SIP, MM juga memberikan sosialisasi dan pemahaman serta pendampingan secara langsung kepada masyarakat setempat.

“Penutupan jalur udara dan jalur darat itu semua dilakukan untuk mencegah penularan virus corona di Kabupaten Puncak Jaya. Saya berharap masyarakat tidak melakukan perjalanan keluar daerah melihat virus ini juga dapat datang dari orang-orang yang berasal dari luar daerah," seru Bupati.

Menurutnya, sangat penting untuk menjaga jarak satu dengan yang lain agar dapat terhindar dari penyakit ini

Bupati menuturkan, kepala Distrik harus berperan aktif dalam hal memberikan arahan yang tepat kepada masyarakat, sebab virus corona ini tidak dapat terlihat namun dapat menyebar secara cepat.

"Untuk itu kita harus menjaga jarak dan menghindari segala bentuk perkumpulan. Saya berharap kepada Kepala Distrik untuk memperhatikan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dengan melakukan aktivitas berkebun dan tidak mengadakan perkumpulan-perkumpulan," harap Bupati

Adapun bantuan yang di berikan bukan berupa beras, mengingat kebijakan menutup akses baik penerbangan maupun jalur darat,  beras merupakan kebutuhan yang sangat sulit untuk kita peroleh

“Perlu masyarakat ketahui bahwa Jalur Udara dan Jalur Darat hanya diperbolehkan untuk membawa barang dan logistik saja tidak untuk penumpang dan hewan ternak, untuk itu saya berharap kepada masyarakat untuk tetap bersabar menunggu keputusan dari Presiden sampai keadaan di nyatakan membaik dan aman dari Virus Corona” ujar Bupati.

Masyarakat Harus Bersabar

Ketua II DPRD Yoranius Wonda mengatakan, virus corona atau COVID-19 membuat segala aktivitas tidak berjalan dengan baik, bukan hanya di Daerah Kabupaten Puncak Jaya namun di seluruh Tanah Air. Virus ini tidak melihat jabatan atau apapun semua bisa terkena. "Semoga masyarakat tetap tenang dan bersabar menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat sampai keadaan benar-benar dinyatakan Aman dari virus corona ini” ucapnya.

Masyarakat sangat antusias menyambut Bupati dan Muspida yang mendampinginya ini terlihat bagaimana masyarakat menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati beserta rombongan yang telah hadir dan memberikan bantuan sembako, masyarakat juga  berharap bahwa bantuan dapat terus berlanjut dengan adanya pembangunan di Distrik-distrik.

Sebanyak 19 ODP Diisolasi

Sementara itu terkait 19 orang yang masuk dalam pemantauan (ODP), Bupati saat diwawancarai mengaku, telah ditangani oleh Tim Gugus Tugas Covid-19.

"Adanya beberapa pasien yaitu 19 orang yang dinyatakan ODP yang masuk melalui jalur darat telah dirawat di ruang isolasi. Kami telah menyiapkan ruang isolasi untuk menampung pasien yang telah dinyatakan ODP, Kami berharap bahwa pasien yang telah di isolasi dapat tenang dan mengikuti anjuran dari tim medis yang menangani," jelas Bupati

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda beserta rombongan dalam kunjungannya  juga menyempatkan diri untuk singgah ke kampung halamannya yang terletak tak jauh dari tempat kegiatan tersebut yaitu di Kampung Yarogoneri.

Bupati mengajak rombongan mencuci tangan bersama dengan menggunakan air yang langsung dari sumber mati air gunung.

Di kesempatan itu, Bupati mengenang masa-masa ketika ia remaja dan sedikit bercerita kepada para muspida sembari menunjukkan tempat dimana dirinya sering bermain dan berkumpul bersama kawan-kawannya dulu. Untuk mengabadikan kunjungannya, Bupati mengajak muspida untuk foto bersama sebelum kembali ke Mulia.(Adv)