Jangan Mencap Buruk Pasien Covid-19

Curhat Pasien Positif Covid 19 di Sorong Yang Menggugah Hati Warga

Foto Ilustrasi/Google

SORONG,wartaplus.com - Ada rasa haru saat membaca postingan status FB salah satu pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) yang pada Minggu (19/4) dinyatakan positif Covid 19.

Rinda Ayukarlina begitu nama Facebooknya  yang terbuka untuk publik itu memposting status sekaligus curahan hati  (Curhat) setelah dinyatakan positif Covid 19.

Dalam postingan tersebut, sudah dibagikan sebanyak 76 kali dan dikomentari 168 komentar. Isi komentar juga berupa dukungan dan motivasi kepada Rinda agar kuat dan dapat melewati ujian sebagai Pasien Positif Covid 19.

Dalam curahan hatinya, Rinda meminta kepada masyarakat untuk tidak menciptakan stigma kepada dirinya, keluarga dan orang yang dinyatakan positif Covid- 19. Ia juga sempat merasakan kegalauan luar biasa saat dinyatakan positif. Ia sampai mematikan HPnya agar tidak dihubungi orang yang malah akan menurunkan imunitas tubuhnya dan membuatnya stres berkepanjangan.

Ia berharap dan meminta warga untuk mendoakan dirinya yang sedang berjuang bersama para tenaga kesehatan melawan virus tersebut dan meminta warga untuk berhenti menghakimi pasien Covid 19. Berikut isi curahatan hati Rinda

Asslamualaikum wr wb

Untuk mencegah agar tidak banyak kabar simpang siur.. saya ingin menjelaskan sendiri disini, dan mohon dengan sangat, tidak ada lagi pihak2 yg menambahkan atau membuat isu2 di luar sana

Jadi sesuai kabar yg beredar, ada inisial RA usia 26 tahun positif covid 19, and yes it's me! dan mungkin sebagian orang banyk yg sudah tau.. tapi saya ingin memberitahu sendiri, dan ingin menjelaskan sendiri.

Jadi sebelumnya, saya mengikuti test swab tanggal 13 april dan hasilnya baru keluar hari minggu tanggal 19 april 2020. dan dari hasil test tersebut, saya dinyatakan positif covid 19 atau yg kt kenal corona.dan trnyta saya positif tanpa gejala.

kok bisa tnpa gejala tapi positif?

ya, bisa saja.. sistem imun setiap org berbeda beda.. mungkin sistem imun saya baik, dan alhamdulillah memang sejauh ini saya tdk memiliki keluhan apa2 dan disarankan untuk isolasi mandiri, sampai hasil test selanjutnya negatif.

kenapa tdk di rumah skit isolasinya? krn sy tdk memiliki gejala apa2, hanya org2 yg memilki gejala covid yg akn mendapat penanganan pihak medis. loh kok gtu? trs sembuhnya gmn... sbgian org yg terkena virus ini tnpa gejala sprti saya.. akan smbuh dgn sndiri. dan pd hri ini saya akan kembali melakukan test ke 2, krna jarak dr test prtama sdh 1 minggu.

Terus perasaan pas tw positif covid bgmn?

saya syok, tp kmudian sy bersyukur krn sy mengikuti test dan tw hasilnya.. hingga saya bisa melakukan social distancing dr org2 trdekt saya, dan dr luar. Karena otg atau org tanpa gejala, trmsuk berbahaya.. knp sy bilang bgtu? karena kalau sy tdk tw bhwa sy covid dan sy berinteraksi dgn org lain, bisa saja org itupun terpapar, dan kalau imun dlm tubuhnya lemah, atau memiliki riwayat penyakit bwaan, dy bisa drop.

jd memang, kita hrus sangat berhati hati trhdp virus ini... virus ini sangat mudah masuk ke dlm tubuh. tapi jangan parno berlebihan, jangan tkut berlebihan, ini hanya virus.. ada kuasa yg lbh besar dr ini, kita bisa lawan, kita bisa menghentikan penyebarannya, dengan cara mengikuti praturan pemerintah bhwa menjaga jarak itu sangat penting. Tapi bukan brarti menjaga jarak, lantas melihat tetangga atau ada org yg batuk, bersin kt menjudge dy covid, dan kemudian menyebarkan jangan di dekati, dy fix corona, dy pembawa virus. tolong brhnti melakukan hal ini!!!

itu sama saja kt membuat org lain takut untuk berterus terang, takut untuk melaporkan kondisinya, dan membuat penyebaran virus ini makin bnyak, karena apa?

Terlanjur takut dgn penilaian masyarakat bhwa ia mengidap corona, padahal virus ini bisa menyerang siapa saja, dan di indonesia sendiri sudah 6575 dinyatakan postif corona jd ini bukan hal yg memalukan, hanya org2 yg berwawasan sempit berfkr bhwa ini virus memalukan!!!

Mari kita bersama sama melawan virus ini agar keadaan kmbli kondusif. menjaga kesehatan, makan makan bergizi, dan sllu brfkr positif.

Saat ini pihak medis bekerja keras agar virus ini bisa menurun penyebarannya dan sy yakin pasti bisa. Kemarin, bgtu hasil keluar saya sempat mematikan hp saya, knp? karna sebgian respon dr org2.. bukannya untuk menyemangati malah membuat smkin panik.

saya tau, kita smua takut.. saya pun begitu. tp tolong, saat ini pihak medis sudah berusaha semampu mereka, kt pcryakan saja pada yg lbh mengerti akn hal ini. saya pun walau hanya di rumah, tp sllu di control oleh tim medis.

jadi, marilah kita menjadi masyarakat yg bijak, masyarakat yg baik dan doakan smga saya melewati masa isolasi sampai hasilnya kmbli negatif. dan sekedar info, dari hasil test swab org2 trdekat saya dinyatakan negatif.*