Tambah Empat dari Pasar Lama, Total Positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura 21 Kasus

Data terbaru jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Jayapura/ Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com – Jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura kembali bertambah. Data terbaru yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura terjadi tambahan 4 kasus, sehingga total saat ini menjadi 21 kasus.

Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, mengatakan, tambahan empat kasus ini berasal dari jalam Mambruk, Pasar Lama Sentani, Kabupaten Jayapura.

“ Hari ini ada tambahan 4 kasus positif, sehingga total kasus positif di Kabupaten Jayapura sebanyak 21 kasus. Tambahan empat kasus ini berasal dari Pasar Lama Sentani,” kata Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, dalam keterangan pers di Sentani, Sabtu (18/4) petang.

Khairul menjelaskan, empat orang yang positif ini terdiri dari 3 orang dewasa dan 1 orang remaja. Keempatnya diketahui positif terjangkit virus corona karena melakukan kontak langsung dengan pasien positif Y47 yang tinggal di Jalan Mambruk Pasar lama Sentani.

“ Empat pasien positif hari ini yakni pasien Y45 seorang laki-laki umur 14 tahun. Dari hasil tracking diketahui melakukan kontak erat dengan pasien Y47 yang dinyatakan positif beberapa hari lalu,” ujar Khairul.

Selanjutnya pasien Y46 laki-laki dewasa 51 dan pasien Y56 laki-laki umur 61 tahun yang positif karena kontak erat dengan pasien Y47 yang sementara di isolasi.

“ Mereka diketahui memiliki kontak erat dengan pasien Y47 karena sama-sama tinggal di Jalan Mambruk Pasar Lama Sentani,” ucapnya.

Sementara satu pasien lainnya diketahui memiliki kontak dengan Pasien Dalam Pengawasan yang meninggal di RS Dian Harapan pekan lalu.

“ Kemudian pasien dengan nomor kode Y50 seorag perempuan umur 53 tahun pernah kontak erat dengan PDP yang meninggal di RS Dian Harapan di Jalan Mambruk Pasar Lama Sentani,” terangnya.

Khairul mengaku, saat ini tim surfelence terus melakukan tracking mencari orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif di sekitar Pasar lama Sentani.

“ Tim surfelence kita terus mencari orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif kemudian dilakukan tes. Bagi yang hasilnya positif mereka langsung di isolasi,” imbuhnya.

Sementara itu, hingga Sabtu malam jumlah Pasien Dalam Pengawasan di Kabupaten Jayapura berjumlah 4 orang dan Orang Dalam Pemantauan sebanyak 180 orang dan 4 orang dinyatakan sembuh.**