Pemkab Jayapura Alokasikan Dana Desa Sebesar Rp 14,4 Milliar Untuk Tangani Covid-19

Bupati Kabupaten Jayapura,Mathius Awoitauw/Andy

JAYAPURAwartaplus.com – Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Jayapura, maka pemerintah mengambil kebijakan dengan mengalokasikan dana sebesar Rp 100 juta kepada seluruh kampung dan kelurahan di Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 100 juta perkampung kepada 139 kampung dan 5 kelurahan yang tersebar di Kabupaten Jayapura. Dana yang dialokasikan untuk penanganan covid-19 ini bersumber dari dana desa.

“ Kita mengalokasikan dana sebesar Rp 100 juta perkampung kepada 139 kampung dan 5 kelurahan di Kabupaten Jayapura. Dana ini digunakan untuk penanganan virus corona di masing-masing kampung,” kata Bupati Matius Awoitauw kepada wartawan di Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Kamis (16/4) siang.

Bupati menjelaskan, dana Rp 100 juta ini akan digunakan untuk upaya penanganan covid-19 dan juga membantu masyarakat dalam usaha produktif dan juga pekerjaan padat karya di kampung.

“ Dari Rp 100 juta ini dialokasikan dalam bentuk barang dan uang. Dalam bentuk barang seperti pemenuhan alat kesehatan dan bahan makanan. Sementara selebihnya bisa digunakan untuk kerja tim gugus tugas di kampung,” jelasnya.

“ Dari dana Rp 100 juta ini akan dibagi, yakni Rp 31 juta untuk belanja kebutuhan bahan makanan dan alat kesehatan bagi masyarakat, sementara sisanya akan digunakan dalam penanganan covid-19 oleh tim gugus kampung serta usaha produktif masyarakat kampung,” tambahnya.

Ia berharap, dengan dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, maka masyarakat tetap bertahan di kampung sehingga memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“ Kita harapkan melalui bantuan bahan makanan kepada warga di kampung maka mereka tidak akan ke kota, sehingga mudah memutus penyebara virus corona,” harapnya.

Bupati optimistis bahwa masyarakat di 139 kampung dan 5 kelurahan di Kabupaten Jayapura mampu memutus penyebaran virus corona.

“ Jika pembatasan aktivitas ini dilakukan dengan baik, maka kita optimis bahwa kita bisa mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Jayapura,” tandasnya.**

Ralat Judul sebelumnya: "Pemkab Jayapura Alokasikan Dana Desa Sebesar Rp 1,4 Milliar Untuk Tangani Covid-19".